Senin 14 May 2018 17:56 WIB

Indonesia Terbuka, Turnamen Bulu Tangkis Berhadiah Tertinggi

Turnamen dengan kategori Super 1000 ini menyediakan hadiah total 1,25 juta dolar AS.

Achmad Budiharto
Foto: badmintonindonesia.org
Achmad Budiharto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen bulu tangkis Indonesia Terbuka pada 3-8 Juli 2018 menjadi ajang perorangan berhadiah terbesar tahun ini. Turnamen dengan kategori Super 1.000 ini menyediakan hadiah total 1,25 juta dolar AS atau sekitar Rp 17,5 miliar.

"Tahun ini kita beruntung menjadi satu di antara tiga penyelenggara turnamen tertinggi Super 1000 bersama All England dan Cina Terbuka. Dengan masuknya Blibli menjadi sponsor, kita harus berbangga Indonesia Terbuka menjadi turnamen berhadiah terbesar," kata ketua panitia pelaksana Achmad Budiharto saat konferensi pers Indonesia Terbuka di Jakarta, Senin (14/5).

Peningkatan level dan hadiah besar bagi turnamen ini, kata Budiharto, diikuti dengan perubahan sistem pertandingan. Mulai 2018 sesuai ketentuan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), tidak ada babak kualifikasi. Setiap peserta langsung berlaga di babak 32 besar.

"Dengan sistem baru ini persaingan dipastikan semakin sengit karena peserta yang bermain adalah mereka yang masuk dalam peringkat 32 besar dan wajib bagi peringkat 10 besar dunia. Sehingga menjadikan Indonesia Terbuka 2018 semakin eksklusif dan bergengsi," ujar Budiharto yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) ini.

Dengan menjadi sponsor utama yang dibantu Bakti Olahraga Djarum Foundation, pihak Blibli mengaku bangga bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Ini sekaligus menunjukkan konsistensi dalam mendukung salah satu olahraga terpopuler Indonesia ini.

"Ini menegaskan komitmen dukungan kami mulai dari mendukung para atlet nasional, kompetisi antarperguruan tinggi, berbagai kejuaraan nasional dan internasional. Seperti kejuaraan dunia junior, kejuaraan junior Asia U17 dan U15 Junior, kejuaraan dunia bulu tangkis di Jakarta serta kejuaraan Indonesia Masters," kata CEO Blibli.com, Kusumo Martanto.

Dengan keikutsertaan Blibli sebagai sponsor utama yang dibantu Bakti Olahraga Djarum Foundation ini, Ketua Umum PBSI Wiranto memberikan apresiasi. Ia menyatakan PP PBSI tidak bisa berdiri sendiri dalam memajukan bulu tangkis.

"Semoga turnamen ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan persiapan pemain kita dalam menghadapi Asian Games 2018," ujar pria yang juga menjabat sebagai menko polhukam itu.

Dalam gelaran Indonesia Terbuka 2017, Indonesia hanya mendapatkan satu gelar melalui pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Seluruh pertandingan Indonesia Terbuka akan disiarkan secara live streaming melalui laman www.djarumbadminton.com. Tayangan di televisi akan dimulai pada hari kedua turnamen.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement