Kamis 17 May 2018 13:15 WIB

Buffon: Ada yang Lebih Penting daripada Popularitas dan Uang

Buffon bersama beberapa rekannya membuat keputusan penting dalam perjalanan Juve.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Gianluigi Buffon
Foto: EPA/GUILLAUME HORCAJUELO
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Juventus pernah terdegradasi ke Serie B Italia pada 2006 lalu karena skandal calciopoli. Kala itu, skuat hitam putih diisi sederet nama tenar, tak terkecuali Gianluigi Buffon.

Penjaga gawang 40 tahun ini kemudian berbagi kisah tentang apa yang terjadi saat itu. Terutama keputusannya memilih bertahan, padahal baru saja menjadi juara dunia bersama tim nasional Italia.

Buffon bersama beberapa rekannya membuat keputusan penting dalam perjalanan Juve. Sejumlah sosok lain, di antaranya, Alessandro Del Piero, David Trezeguet, Mauro Camoranesi, dan juga Giorgio Chiellini.

"Itu menjadi momen ketika orang seperti saya perlu mengirim pesan kalau pemain juga memiliki perasaan. Ada yang lebih penting daripa sekadar popularitas dan uang," kata jebolan akademi Parma itu dikutip dari Football Italia, Kamis (17/5).

Setelah itu, Juventus hanya semusim bermain di Serie B. Setahun berselang, pasukan hitam putih naik kasta.

Selanjutnya, prestasi Juve naik turun di liga lokal. Kemudian, pada 2012, si Nyonya Tua merasakan gelar scudetto Serie A. "Dengan kerja keras, kami kembali (menjadi juara)," ujar Buffon.

Legenda hidup Juve dan timnas Italia ini dikabarkan bakal pensiun pada akhir musim 2017/2018. Beberapa jam lagi, Buffon bakal mengumumkan apa yang akan diputuskannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement