Kamis 17 May 2018 17:14 WIB

Jokowi Bangga Tim Wanita Pendaki Taklukkan Puncak Everest

Kedua Srikandi Indonesia tersebut adalah Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Hazliansyah
Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda), yang tergabung dalam The Woman of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU) sukses menuntaskan seven summits
Foto: ist
Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda), yang tergabung dalam The Woman of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU) sukses menuntaskan seven summits

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga atas prestasi dua wanita Indonesia yang berhasil menaklukkan puncak Gunung Everest. Kedua Srikandi Indonesia tersebut adalah Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari.

Kebanggaan atas prestasi dua wanita tersebut disampaikan Jokowi melalui cuitannya di akun resmi Twitter.

"Indonesia berbangga atas prestasi Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari yang telah berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Everest," cuit Jokowi, Kamis (17/5).

Penapakan puncak Gunung Everest melengkapi perjalanan keduanya dalam seven summits. Yaitu, menapaki tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh belahan dunia.

"Dua srikandi yang telah menaklukkan 7 puncak dunia. Luar biasa -Jkw," tulis Jokowi.

Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda) tergabung dalam The Woman of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU).

Mereka berhasil menapaki puncak Gunung Everest pada 17 Mei 2018 pukul 05.50 waktu setempat (pukul 07.05 WIB).

"Puji Tuhan Summit! Saat ini tanggal 17 Mei 2018, pukul 5.50 Sang Saka Merah Putih berkibar di puncak Everest! Bendera Indonesia di tujuh puncak dunia! Keberhasilan ini kami persembahkan untuk persatuan bangsa! Untukmu Indonesia!," ujar Hilda melalui telepon satelit kepada tim pendukung di Bandung, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (17/5).

Dengan pencapaian ini, kedua Srikandi tersebut mencatatkan diri sebagai perempuan Indonesia dan perempuan Asia Tenggara pertama yang berhasil menyelesaikan missi seven summits.

Dua orang mahasiswi yang masih terdaftar aktif di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, ini sebelumnya telah mengibarkan bendera merah putih di enam puncak gunung tertinggi di enam lempeng benua lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement