Kamis 24 May 2018 10:14 WIB

Salah Dinilai Lebih Baik daripada Ronaldo dan Messi

Jika Liverpool juara Liga Champions, Salah layak menjadi pemain terbaik dunia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Joko Sadewo
Mohamed Salah
Foto: Peter Byrne/PA via AP
Mohamed Salah

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Legenda sepak bola Inggris Ian Rush mengatakan, Mohamed Salah bermain lebih baik daripada dua megabintang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pada musim 2017/2018 ini.

"Dua pemain terbaik di dunia dalam waktu lama, tanpa diragukan lagi adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, tapi pada musim lalu Salah menjadi pemain terbaik," kata Rush, seperti dilansir dari Irish Examiner, Kamis (24/5).

Pada musim ini, Salah menunjukkan bahwa ia memang pantas menjadi pemain termahal yang pernah dibeli oleh Liverpool. Ia sudah mencetak 11 gol dalam perjalanannya menuju final Liga Champions melawan Real Madrid pada 27 Mei mendatang. Rush yakin Salah harus menjadi pemain terbaik di dunia pada musim ini jika Liverpool memenangkan Liga Champions.

Sebelumnya, Salah memecahkan rekor pemain termahal Liverpool pada musim panas tahun lalu, dengan nilai transfer 37 juta poundsterling. Namun, catatan pemain termahal Liverpool ini bergeser dipecahkan Virgil van Dijk, saat Liverpool membelinya dari Southampton pada Januari lalu.

"Perannya sangat besar membantu Mesir menuju Piala Dunia dan apa yang telah ia raih di Liverpool sangat luar biasa. Jika Liverpool memenangkan Liga Champions, ia pantas menjadi pemain terbaik di dunia, seratus persen," kata Rush.

 

Baca Juga: Salah Tetap Puasa di Final Liga Champions

                     Berkat Salah, Masjid Tertua di Liverpool Ramai Dikunjungi

Rush yang bermain di Liverpool dari tahun 1980 sampai 1987 dan 1988 sampai 1996 memegang rekor pencetak gol terbanyak bagi the Reds. Ia mencetak 47 gol pada musim 1983/1984 ketika Liverpool memenangkan Piala Eropa, Divisi Satu, dan Piala Liga.

Saat ini, Salah sudah mencetak 44 gol di semua kompetisi pada musim ini. Rush mengatakan, jika Salah bisa melampaui rekornya, ia akan menundukkan kepalanya untuk menghormati apa yang telah dicapai pemain asal Mesir tersebut.

"Jika dia mengalahkan rekor saya, saya akan menundukkan kepala kepadanya, mencetak empat gol di final akan menjadi prestasi yang luar biasa," kata Rush.

photo
Salah vs Ronaldo

Rush mengatakan, Fernando Torres dan Luis Suarez bermain dengan sangat baik pada musim pertama mereka di Liverpool. Namun, menurut Rush, Salah lebih baik daripada kedua penyerang tersebut. Bukan hanya karena jumlah gol dan assist yang disumbangkannya, melainkan juga dari permainan Salah secara keseluruhan.

"Apa yang saya suka darinya ia seorang laki-laki yang rendah hati. Jika melihat seseorang memiliki posisi yang lebih baik, dia akan mengoper bola," kata Rush.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement