Jumat 25 May 2018 02:54 WIB
Jelang Liverpool vs Madrid

Klopp Siapkan Taktik Baru Liverpool

Klopp berharap Mohamed Salah bisa menjadi penentu.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Juergen Klopp
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mempersiapkan taktik baru jelang final Liga Champions melawan Real Madrid pada Ahad (27/5). "Tentu saja itulah rencananya. Kami punya dua hal. Dalam idealnya selalu ada saat ketika para pemain menerima umpan yang telah disiapkan," kata Klopp dilansir dari Mirror.co.uk, Kamis (24/5).

"Rebut bola dan lari. Tapi tidak selalu kondisinya seperti itu. Kedua, kita butuh skuat yang bisa bereaksi cepat pada perubahan cepat seperti itu," tambah Klopp.

Semua pemain dikatakan Klopp harus ambil peluang melompat. Liverpool selalu butuh pelompat yang berani ambil peluang rebut bola dan meminimalisir peluang lawan di garis belakang.

"Para pemain perlu melompat meraih bola, tapi dengan waktu yang kurang tepat, lompatan itu tidak ada gunanya. Sementara pemain membuka celah dengan meninggalkan posisinya. Ketika lompatan itu tidak pada waktu yang tepat, squad tetap harus kompak tutup semua celah yang menguntungkan lawan," jelas Klopp.

photo
Infografis Liga Champions

"Itu taktik Sepakbola, tidak terlalu sulit. Anda hanya diharuskan melompat hingga 20 kali, sampai anda menyadari kapan lompatanmu terlambat dan berpotensi membuka celah bagi lawan," ungkapnya.

"Lompatan tidak mungkin menutup semua kekosongan, itu tidak mungkin. Tetapi anda perlu mengambil resiko. Itulah yang akan kita lakukan."

Klopp berharap Mohamed Salah bisa menjadi penentu. Pemain keturunan Mesir yang telah mencetak 44 gol luar biasa dan menyumbang 15 gol dari semua kompetisi ini, diharap menunjukkan permainan sesasionalnya melawan Real Madrid. 

Walau diakui banyak pihak akan sangat sulit merebut juara Piala Champions ini, karena Real Madrid akan berjuang sekuat tenaga menciptakan sejarah memenangkan Liga Champions untuk musim ketiga secara berturut-turut.

Di tim El Real perhatian publik tertuju pada Cristiano Ronaldo dan di kubu The Reds Mohamed Salah akan jadi bintang lapangan. Liverpool juga telah mengumumkan nama squad mereka untuk laga final Champions nanti.

Diantaranya Karius, Clyne, Van Dijk, Wijnaldum, Lovren, Milner, Firmino, Salah, Henderson, Klavan, Moreno, Mane, Lallana, Mignolet, Can, Robertson, Ings, Solanke, Phillips, Jones, Ward, Woodburn, Camacho, Alexander-Arnold.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement