Ahad 27 May 2018 01:47 WIB

Kalahkan Aston Villa, Fullham Kembali ke Liga Primer

Fulham menjuarai Liga Championship atau kasta kedua liga Inggris

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Pemain Fulham Tom Cairney (tengah) mengangkat trofi Championship, kasta kedua Liga Inggris, usai mengalahkan Aston Villa 1-0. Hasil ini membuat Fulham naik ke Liga Primer Inggris musim depan
Foto: John Walton/PA via AP
Pemain Fulham Tom Cairney (tengah) mengangkat trofi Championship, kasta kedua Liga Inggris, usai mengalahkan Aston Villa 1-0. Hasil ini membuat Fulham naik ke Liga Primer Inggris musim depan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Aston Villa gagal kembali ke kompetisi kasta tertinggi Inggris setelah kandas dari Fullham FC dalam perebutan tiket promosi Liga Primer 2018/2019. Laga playoff antara kedua kesebelasan di stadion Wembley, London, Ahad (27/5) WIB, berakhir dengan skor 0-1. 

Kemenangan Fullham terjadi lewat gol ke gawang Aston Villa pada menit ke-23 oleh gelandang tengah Tom Cairney. Skor 0-1 tersebut sekaligus menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Aston Villa juga tak mampu memanfaatkan kelebihan pemain setelah Denis Odoi, bek Fullham diusir wasit lantaran dua kali kartu kuning. Sampai pertandingan usai, Fullham berhak atas kemenangan 1-0 dari Aston Villa dan dipastikan melaju ke kasta utama musim depan.

Kekalahan ini membuat Aston Villa pada musim depan tetap berada di kasta kedua Liga Inggris atau Championship 2018/2019. Sementara Fullham kembali ke kasta utama setelah tiga musim sejak 2013/2014 berjibaku menembus level utama dari kasta kedua.

Fullham, berhak kembali ke Liga Primer Inggris musim depan bersama tim peringkat satu dan dua di Championship 2017/2018. Wolverhampton Wanderes dan Cardiff City. Ketiga tim akan menggantikan tiga tim terbawah Liga Primer 2017/2018. Swansea City, Stoke City dan West Bromwich.

Adapun Aston Villa, musim 2018/2019 menjadi tahun kedua di Championship. Skuat berjuluk Blue Army itu sebetulnya salah satu tim papan atas Liga Primer Inggris. Bahkan tim yang bermarkas di Birhmingham, Inggris tersebut pernah tujuh kali menjadi juara Liga Primer. Terakhir 1981.

Reputasi paling cemerlang Aston Villa yaitu saat menjuarai Liga Champions 1982. Sayangnya selama 30 tahun terakhir, Aston Villa cuma sebagai tim papan tengah di kompetisi utama. Musim 2016/2017, Aston Villa terpaksa terlempar ke kasta kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement