Rabu 30 May 2018 21:04 WIB

Milla Berharap Pemain Senior Bantu Kalahkan Thailand

Milla akan menganalisis pemain senior yang akan dibawa ke Asian Games 2018.

Rep: Bambang Noroyono/Ali Mansur/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Timnas U-23 Luis Milla (tengah) memberikan instruksi saat latihan di Lapangan ABC, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (22/2).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Pelatih Timnas U-23 Luis Milla (tengah) memberikan instruksi saat latihan di Lapangan ABC, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (22/2).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-23 Luis Milla berharap anak asuhnya mampu menampilkan permainan terbaik demi meraih kemenangan atas Thailand  dalam laga uji coba internasional. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (31/5) malam.

Timnas U-23 saat ini berisikan 22 pemain dan memulai persiapan menghadapi Thailand pada Rabu (30/5). Pada laga ini, Milla juga memanggil sejumlah pemain senior, seperti Muhammad Ridho, Victor Igbonefo, Riko Simanjuntak, Lerby Eliandry, dan Alberto Goncalves.

"Pertandingan besok merupakan laga yang menarik bagi kedua tim. Harapannya kedua tim bisa mengeluarkan permainan yang terbaik dan saya berharap pemain Indonesia tidak ada yang cedera. Kami juga akan analisa kira-kira siapa saja nanti pemain senior yang bisa bantu di tim ini sekaligus yang saya bawa ke Asian Games," kata Luis Milla, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (30/5).

Uji coba ini juga rangkaian persiapan sebelum berlaga di ajang Asian Games 2018 bulan Agustus mendatang. Sebelumnya, skuat Garuda Muda telah mengikuti turnamen PSSI Anniversary Cup akhir April hingga awal Mei lalu sekaligus test event Asian Games.

Menurut Milla, untuk pemain saat ini sudah semain kompak dan menunjukkan tren positif. Ini juga akan menjadi tantangan bagi pemain senior yang dipanggil apakah bisa cepat beradaptasi dengan tim. "Kami sudah main dua kali lawan Thailand dan kami juga tahu mereka tak membawa beberapa pemain yang biasa melawan kami. Tetapi tak masalah, karena kami akan fokus pada diri sendiri," jelas dia.

Milla melanjutkan, penggawanya sudah tahu cara dan gaya bermain Thailand. Negeri Gajah Putih itu memiliki tim yang bagus dan punya level yang tinggi. Lima hari ke depan ia ingin anak-anak asuhannya tetap berlatih dengan baik, khususnya kepada pemain baru. "Kami mau lihat apakah mereka bisa memperbaiki kualitas permainan tim," kata pelatih asal Spanyol ini.

Laga uji coba melawan Thailand digelar sebanyak dua kali oleh PSSI. Pada laga selanjutnya berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Ahad (3/6) mendatang. Selain itu, pada Ahad (23/6) mendatang, timnas U-23 akan beruji coba melawan Korea Selatan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Bek timnas U-23 Ricky Fajrin mengatakan bahwa semua tahu pertandingan lawan Thailand digelar di bulan Ramadhan, tapi ia mengaku itu bukan suatu alasan untuk tidak memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Sementara itu, asisten pelatih Thailand, Naruephon Kaenson mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas undangan untuk melakukan uji coba di Indonesia. Ia mengaku timnya senang bisa berada di Indonesia, apalagi melawan tim yang bagus seperti Ttimnas Indonesia.

Pada laga uji coba ini Thailand tidak membawa pemain senior. Namun tim tamu membawa pemain muda yang potensial. Skuat yang ditampilkan sebagian besar mantan pemain timnas Thailand U-21. "Bagi kami, pertandingan nanti semacam trial untuk Asian Games. Kami mencoba kira-kira siapa yang layak untuk main di Asian Games mewakili Thailand," kata Naruephon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement