Sabtu 02 Jun 2018 22:57 WIB

Gareth Southgate Yakin dengan Skuat Muda Inggris

Skuat muda Inggris akan memiliki banyak semangat juang di Piala Dunia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate pada laga persahabatan lawan Belanda di Amsterdam Arena, Belanda, Sabtu (24/3).
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate pada laga persahabatan lawan Belanda di Amsterdam Arena, Belanda, Sabtu (24/3).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate telah mengumumkan skuat yang akan ia bawa di Piala Dunia Rusia. Southgate yakin dengan pemain-pemain muda seperti Harry Kane, Raheem Sterling, Dele Alli dan Ruben Loftus-Cheek tim nasional Inggris akan memiliki banyak semangat juang.

"Saya yakin ini adalah skuat yang membuat Inggris bersemangat, kami memiliki banyak energi dan pemain yang atletik di tim ini, tapi para pemainnya juga nyaman mengusai bola dan saya pikir orang-orang bisa melihat gaya permainan yang kami sedang kembangkan," kata Southgate seperti dilansir dari Telegraph, Sabtu (2/6).

Dua puluh tiga pemain Inggris yang diumumkan pada Rabu (30/5) memang banyak diisi pemain muda. Kiper senior Joe Hart tidak masuk dalam skuad ini. Southgate memilih Jack Butland yang bermain di Stoke City, Jordan Pickford dari Everton dan Nick Pope dari Burnley yang akan menjaga gawang Inggris di Piala Dunia nanti.

"Ini tim muda, tapi kami juga punya beberapa pemain senior yang penting jadi saya merasa keseimbangan di tim ini bagus, keduanya memiliki pengalaman, karakter dan juga posisi yang seimbang," kata Southgate.

Gary Cahill masuk dalam skuat ini dan juga pemain mudah Liverpool Trent Alexander-Arnold. Southgate mengatakan proses seleksi dilakukan lebih dari satu bulan. Southgate menambahkan ia merasa timnya terus lebih baik lagi dan ia ingin melanjutkan perkembangan tim ini.

"Pertama kalinya memanggil Trent Alexander-Arnold karena ia memang pantas, ketika memilih pemain muda, itu bukan karena hanya mereka muda, karena berdasarkan dari performa mereka memang pantas untuk dipanggil," tambah Southgate.

Inggris memang dirugikan karena cederanya Alex Oxlade-Chamberlain dan Joe Gomez. Southgate mengatakan pemain dan tim nasional Inggris sangat kecewa atas tersebut. Jack Wilshere dan Ryan Bertrand tersingkir dari skuat tim nasional Inggris tahun ini.

Adam Lallana, Tom Heaton, Jake Livermore James Tarkowski dan Lewis Cook masuk dalam daftar tunggu. Mereka akan dipanggil jika ada pemain di skuad utama cedera. Southgate mengatakan ia tidak memanggil Joe Hart dan Ryan Bertrand karena kedua pemain tersebut sudah banyak bermain di tim nasional dua tahun terakhir ini.

"Untuk Joe, kami memiliki tiga kiper lainnya yang juga memiliki musim yang sangat bagus dan keputusan yang saya hadapi adalah apakah saya tetap mempertahankan Joe yang memiliki pengalaman di tim ini? Atau memberikan tiga orang yang pada dasarnya memiliki kesempatan mendapatkan musim yang lebih baik? Kami merasa semua pemain harus mendapatkan appresiasi setelah penampilan mereka musim ini," tambah Southgate.

Begitu pula dengan Bertrand, kata Southgate, yang menurutnya memiliki musim yang cukup baik. Tapi karena ada beberapa pemain muda yang juga bermain sangat baik musim ini maka ia harus tersingkir. Southgate mengakui keputusan untuk tidak memanggil Joe Hart dan Ryan Bertrand adalah keputusan yang sulit.

Keduanya, lanjut Southgate, memberikan kontribusi yang sangat besar selama kualifikasi Piala Dunia tahun lalu. Southgate mengatakan memutuskan untuk tidak memanggil pemain bagus menjadi sisi buruk dari pekerjaannya sebagai pelatih tim nasional.

Sementara itu, Adam Lallana tidak bermain untuk Liverpool sejak 30 Maret lalu. Southgate tidak bisa mengambil resiko untuk memasukannya ke dalam tim nasional. Tapi ia memasukannya ke dalam daftar tunggu.

"Sejarah mengajarkan kepada kita pemain yang masuk daftar tunggu pada akhirnya dapat masuk ke dalam skuad, sangat tidak biasa bagi kami melewati akhir musim seperti ini dan kami punya dua pertandingan persiapan tanpa kendala apa pun," kata Southgate.

Southgate menegaskan pemain-pemain dalam daftar tunggu harus tetap profesional. Mereka, kata Southgate, harus tahu mereka masih memiliki kesempatan untuk masuk skuad. Southgate mengatakan ia sudah banyak berbincang dengan para pemain yang masuk dalam daftar tunggu tentang situasi mereka.

Inggris akan menjalani dua pertandingan pemanasan sebelum Piala Dunia. Mereka menghadapi Nigeria pada pertandingan persahabatan, Sabtu (2/5) dan dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan melawan Kosta Rika pada 7 Juni mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement