Ahad 03 Jun 2018 00:22 WIB

Rooney akan Segera Gabung DC United

Rooney, 32, berstatus designated player dan akan menandatangani kontrak dua tahun.

Wayne Rooney
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Wayne Rooney

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedatangan Wayne Rooney merumput di kompetisi Major League Soccer (MLS) semakin dekat. Rooney, 32, berstatus designated player dan diperkirakan akan menandatangani kontrak dua tahun membela DC United.

Designated player adalah pemain bintang yang gajinya tak termasuk dalam perhitungan batasan gaji tim (salary cap). Satu tim MLS diperbolehkan memiliki tiga designated player. Sebagian gaji designated player juga ditanggung oleh MLS sebagai operator kompetisi. Menurut laporan Sky Sports, dikutip Reuters, Sabtu (2/6), Rooney akan dibayar 5 juta dolar AS per tahun.

Kesepakatan itu bisa diselesaikan pada Senin (4/6). Kesepakatan kedua akan memungkinkan Rooney untuk kembali ke Everton dalam peran sebagai pelatih pada masa depan.

Rooney tidak akan bisa bergabung dengan DC United sampai jendela transfer MLS dibuka pada 10 Juli. DC United membuka lapangan baru Audi Field pada 14 Juli.

Selama sebulan terakhir, perwakilan Rooney mulai merundingkan syarat kontrak untuk memindahkannya dari Everton. Manajer Everton saat itu, Sam Allardyce mengatakan Rooney tidak mendapatkan jaminan sebagai starter pada musim depan. Tapi, Allardyce justru dipecat saat Rooney telah bernegosiasi. Rooney dilaporkan menjalani tur ke fasilitas DC United selama kunjungannya pada 23-24 Mei.

Rooney adalah pencetak gol terbanyak Everton dengan 11 gol pada musim 2017/2018. Ia bergabung kembali dengan Everton pada Juli 2017 dan setengah jalan melalui kontrak dua tahun.

Dia menghabiskan 13 musim di Manchester United setelah bergabung dari Everton saat berusia 18 tahun. Ia menjadi pencetak gol terbanyak MU dan memenangkan lima gelar Liga Primer Inggris dan Liga Champions.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement