Ahad 03 Jun 2018 20:27 WIB

Dua Pembalap Ducati Rajai GP Italia, Rossi Podium Ketiga

Jorge Lorenzo berhasil menjuarai GP Italia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Dua pembalap Ducati, Jorge Lorenzo (kanan) dan Andrea Dovizioso memimpin balapan GP Italia, di Sirkuit Mugello, Ahad (3/6).
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Dua pembalap Ducati, Jorge Lorenzo (kanan) dan Andrea Dovizioso memimpin balapan GP Italia, di Sirkuit Mugello, Ahad (3/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MUGELLO -- Ducati merajai Grand Prix Italia, di Sirkuit Mugello, Ahad (3/5). Dua pembalap Ducati Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso menjadi juara pertama dan kedua di Italia. Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama bagi Lorenzo bersama Ducati.

Pembalap asal Spanyol tersebut mencatatkan waktu 41 menit 43,230 detik. Di susul Dovizioso yang terpaut enam detik dari Lorenzo. Rossi berhasil naik podium dengan finis di posisi ketiga di susulu Andrea Iannone.

Valentino Rossi start paling depan di susul Andrea Ianone tapi tidak berselang lama Lorenzo langsung menyalip dan naik posisi pertama. Marquez berusaha masuk ke barisan terdepan di tikungan satu tapi gagal. Di putaran pertama Lorenzo terus memimpin di depan.

Pembalap Honda Dani Pedrosa mengalami kecelakaan dan jatuh di putaran pertama di tikungan dua. Di putaran ketiga, Marquez berhasil menyalip Rossi dan masuk ke posisi kedua. Marquez yang berada di posisi kedua jatuh di tikungan di putaran keempat tapi langsung naik lagi ke motornya.

Dengan jatuhnya Marquez akhirnya Rossi pun kembali naik ke posisi dua. Pada putaran keempat Dovizioso yang sebelumnya di posii kelima berhasil menyusul Iannone. Pembalap Ducati tersebut pun naik keposisi ketiga.

Marquez yang tidak menyerah naik dari peringkat 19 ke 18 setelah menyusul Takaaki Nakagami.

Dovizioso berhasil menyusul Rossi pada putaran kelima. The Doctors pun turun ke posisi tiga. Pada lap kelima ini Iannone juga berhasil menyalip Rossi. Pembalap asal italia tersebut pun terus turun ke posisi empat.

Danilo Petrucci yang pada awal balapan sempat disenggol Marquez naik ke posisi kelima pada putaran ke delapan. Di putaran kesepuluh tidak ada perubahan berarti dibarisan terdepan Lorenzo, Dovizioso, Ianone dan Rossi masih memimpin jalannya balapan.

Di putaran ke-11 Marquez berhasil menyalip pembalap di depannya. Usai menyalip Xavier Simeon ia naik keposisi 17.

Petrucci naik terus keposisi ketiga setelah menyusul Rossi dan Iannone. Di putaran kedua belas Rossi menyalip Iannone dan Alex Rins, the Doctors pun naik ke peringkat keempat.

Di putaran keempat belas Rossi yang berjuang mempertahankan posisi dari Iannone justru disalip Rins. The Doctors pun kembali turun ke posisi kelima. Pada putaran ke-16 Rossi berhasil kembali menyalip Iannone dan Petrucci. Pembalap berusia 38 tahun itu naik ke posisi ketiga.

Sampai putaran ke tujuh belas Lorenzo dan Dovizioso yang berada di posisi satu dua tidak mendapat gangguan yang berarti. Pertarungan Rossi dan Iannone memperebutkan posisi ketiga terus berlanjut di putaran 21. Rossi berhasil mempertahankan posisinya sampai balapan berakhir.

Akhirnya Lorenzo pun meraih kemenangan setelah puas juara selama dua tahun. Klasemen sementara masih dipimpin oleh Marquez dengan 95 angka disusul Rossi dengan 72 angka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement