Kamis 07 Jun 2018 21:00 WIB

Lima Besar Kompetisi Liga di Eropa Nikmati Rekor Pendapatan

Pertumbuhan sepak bola Eropa terutama disebabkan peningkatan transaksi penyiaran.

Logo Liga Primer Inggris
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Lembaga pengelola data Deloitte, Kamis (7/6), merilis data lima besar kompetisi liga di Eropa yang menikmati rekor pendapatan di musim 2016/2017. Rekor pendapatan ini akibat dari aturan baru penyiaran.

Pendapatan gabungan dari lima besar liga, di Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia, adalah 12,6 miliar poundsterling (16,91 miliar dolar AS) mewakili peningkatan 9 persen dari tahun sebelumnya.

"Pendapatan keuangan musim 2016/17 adalah yang paling mengesankan yang pernah kami lihat," kata Dan Jones, mitra dalam Sports Business Group di Deloitte.

Review tahunan Football Finance ke-27 menyebutkan, pertumbuhan sepak bola Eropa terutama disebabkan peningkatan transaksi penyiaran di Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, dan Ligue 1 Prancis. Pasar sepak bola Eropa bernilai 21,9 miliar pound, dengan divisi atas Inggris menjadi pelopor yang sangat jelas.

"Sementara Liga Primer adalah pemimpin pasar yang jelas, kami berharap untuk melihat pertumbuhan dan minat yang berkelanjutan di seluruh liga Eropa di tahun-tahun mendatang," kata Tim Bridge, direktur di Sports Business Group.

Pendapatan dari klub di Liga Primer melonjak 25 persen menjadi 4,5 miliar pound didorong kontrak televisi domestik selama tiga tahun senilai 5,1 miliar pound yang ditandatangani pada tahun 2015.

Deloitte menyatakan, untuk pertama kalinya tidak ada klub papan atas Inggris yang mencatat kerugian operasional, sementara rasio pendapatan turun ke posisi terendahnya sejak musim 1997/1998, hingga 55 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement