Ahad 10 Jun 2018 18:02 WIB

Atlet Renang Masih Disibukkan dengan Pertandingan di Amerika

Para atlet baru akan kembali pada awal Agustus

Rep: Fitriyanto/ Red: Hazliansyah
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa melaju dalam final renang 50 meter gaya punggung putra SEA Games XXIX di National Aquatic Centre, kawasan Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (21/8) malam.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa melaju dalam final renang 50 meter gaya punggung putra SEA Games XXIX di National Aquatic Centre, kawasan Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (21/8) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perenang Indonesia yang sedang dipersiapkan menuju Asian Games 2018, I Gede Siman Sudartawa dkk hingga kini masih berada di Amerika. Selain berlatih mereka juga mengikuti sejumlah pertandingan internasional disana. Mereka baru kembali pada awal Agustus untuk menjajal Kolam Renang Senayan.

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan renang Seluruh Indonesia (PP.PRSI) yang membawahi bidang prestasi, Harlin Raharho, menyatakan kondisi para perenang baik. Mereka dalam kondisi fit, sehat serta semakin menunjukkan progress yang baik.

"Target mereka tentu memperbaiki waktu terbaik serta meningkatkan speed, endurance juga memperbaiki teknik. Selain itu mendapatkan pengalaman bertanding dari perenang-perenang top dunia dan Amerika," ujar Harlin kepada Republika.co.id, Ahad (10/6).

Namun saat ini Harlin mengakui jika para atlet belum mencapai waktu terbaik. Bahkan mereka juga belum bisa memecahkan rekor nasional.

"Tapi masih sesuai rencana. Peak performance mereka diharapkan saat Asian Games 2018," jelas Harlin.

Harlin menjelaskan, uji coba dengan perenang dunia sangat penting untuk meningkatkan performa atlet. Sejumlah pertandingan yang mereka ikuti, diantaranya pada akhir Mei kemarin Speedo Grand Challenge di Irvine, California. Peserta di kejuaraan itu merupakan perenang terbaik dunia juara Olimpiade maupun juara dunia. Antara lain Ryan Murphy, Anthony Ervin, Vladimir Morozov, Katinka Hosszu (Hungary) dan lainnya.

Beberapa kejuaraan masih akan diikuti oleh Siman dkk, yakni pada 21-24 Juni mendatang di Mission Viejo, California. Setelah itu mereka para atlet akan tanding di LA Invitational. Serta pada akhir juli jika memungkinkan tanding di US Nationals Championships. Karena mereka akan kembali ke tanah air pada 1 Agustus 2018.

Perenang terbaik Indonesia yang saat ini menjalani latihan di Amerika, yakni I Gede Sinan Sudartawa (gaya punggung), Gagarin Nathaniel Yus(Gaya Dada), Indra Gunawan (gaya dada) Triady Fauzy (gaya ganti dan gaya bebas)dan Glen Victor Susanto (gaya kupu-kupu). Selain Glen, mereka adalah peraih medali emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Cabang renang sudah lama sekali tidak mampu merebut medali di ajang Asian Games. Terakhir kali adalah pada tahun 1990. Kala itu Richard Sambera mampu meraih medali Perunggu di Asian Games yang digelar di Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement