Sabtu 07 Jul 2018 21:16 WIB

Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di Gelora Delta, Sabtu (7/7).

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pesepak bola Indonesia U19 Muhammad Rifad Mursalim (kanan) menendang bola dalam penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (5/7).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Pesepak bola Indonesia U19 Muhammad Rifad Mursalim (kanan) menendang bola dalam penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (5/7).

REPUBLIKA.CO.ID,  SIDOARJO -- Indonesia memastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Vietnam dalam laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2018, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (7/7) malam. Indonesia menang dengan skor 1-0.

Muhammad Rafli yang masuk pada menit ke-64 menggantikan Hanis menjadi pahlawan Timnas Indonesia malam ini berkat gol semata wayangnya pada menit ke-80.

Sejak peluit awal pertandingan ditiup, laga berjalan cepat. Kedua tim terus menerus jual beli serangan. Selama menit-menit pertama para pemain Vietnam sudah bisa membuka ruang pertahanan pemain-pemain Indonesia. Beruntung kiper Mohammad Riyandi berhasil mengantisipasi serangan Vietnam. Indonesia sempat kesulitan lepas dari tekanan pemain-pemain Vietnam.

Meski sejumlah peluang didapat di antaranya dari penyerang Witan Sulaiman dan Feby Eka Putra. Namun lini-pertahanan Vietnam masih sulit ditembus. Pada menit ke-16 Witan mendapatkan peluang, namun kembali belum berbuah gol.

Vietnam sendiri memiliki kesempatan mencetak gol pada menit ke-28. Tendangan Le Van Nam berhasil dihalau oleh Mohammad Riyandi. Sampai babak pertama berakhir skor pertandingan 0-0.

Pada babak kedua Pelatih Indra Sjafri mengganti Muhammad Luthfi dengan Todd Rivaldo Ferre. Tensi pertandingan pun kembali meningkat.

Pada menit ke-50 Indonesia memiliki kesempatan tapi tendangan Syahrian Abimanyu terlalu tinggi. Sementara pada menit ke-62 Vietnam mendapatkan tendangan sudut yang hampir membahayakan gawang Indonesia. Beruntung Mohammad Riyandi tampil apik. 

Pada menit ke-64 Feby kembali jatuh saat berusaha merebut bola dari pemain bertahan. Akhirnya Feby digantikan Muhammad Rafli. Pemain bernomor sembilan tersebut sudah mencetak dua gol saat menghadapi Singapura.

Vietnam berkali-kali memiliki kesempatan mencetak gol tapi tembakan-tembakan mereka seringkali gagal mengarah gawang. Justru sebeliknya Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol.

Berawal dari aksi Todd Rivaldo melakukan aksi individu di area kotak penalti. Tembakannya membentur tiang gawang. Tapi akhirnya Muhammad Rafli yang berada di jalur bola rebound menyambutnya dengan menyarangkan gol pada menit 80.

Vietnam hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-90. Tan Bao Toan berusaha melepaskan assist ke depan gawang Indonesia, beruntung Mohammad Riyandi berhasil mengamankan gawang Garuda Muda. Hingga pertandingan berakhir skor bertahan 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement