Selasa 10 Jul 2018 06:04 WIB

Apresiasi untuk Ronda Rousey, Atlet Perempuan di UFC

Secara keseluruhan, Rousey berhasil menang dalam 12 pertarungan gaya bebas.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Ronda Rousey (tengah)
Foto: EPA/Ian Langsdon
Ronda Rousey (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Dikenal sebagai salah satu atlet perempuan tersukses di ajang Ultimate Fighting Championship (UFC), Rounda Rousey masuk dalam penghargaan UFC Hall of Fame, tengah pekan lalu. Atlet mix martial arts berusia 31 tahun itu pun menjadi perempuan pertama yang masuk dalam UFC Hall of Fame.

Rousey mampu mempertahankan titelnya sebagai pemegang sabuk kejuaraan kelas Bantam UFC sebanyak enam kali, tepatnya dari 2012 hingga 2015. Secara keseluruhan, Rousey berhasil menang dalam 12 pertarungan gaya bebas di kancah profesional, enam di antaranya di ajang pertarungan gaya bebas, UFC.

Semua pertandingan di kancah UFC berhasil dimenangkan dengan teknik kuncian. Tidak hanya itu, tiga dari enam pertarungan itu berhasil diselesaikan Rousey dalam waktu di bawah satu menit. Catatan ini membuat Rousey berhasil menggenggam empat dari lima rekor pertarungan tercepat di kelas bantam di kategori perempuan sepanjang sejarah gelaran UFC.

''Mungkin, saya bukan orang pertama yang bisa melakukan ini. Namun, saya menjadi orang pertama yang membuat Anda tertarik menyaksikan pertarungan ini. Energi dalam bentuk dukungan yang kalian (penonton) berikan sangat berarti. Karena kalian, saya menjadi perempuan pertama yang menerima penghargaan ini. Semoga saya menjadi pertama dari sekian banyak pada masa mendatang,'' kata Rousey usai menerima penghargaan tersebut.

Rousey memulai karier sebagai atlet judo. Bahkan, Rousey menjadi perempuan pertama di Amerika Serikat yang berhasil meraih medali cabang judo di kancah Olimpiade, tepatnya medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Kemudian, Rousey mengeluti gaya pertarungan bebas. Ia mulai dikenal publik saat berhasil menjuarai ajang strikeforce, kompetisi pertarungan gaya bebas, yang akhirnya diakuisisi oleh UFC pada 2011. Akhirnya, Rousey dikenal sebagai salah satu atlet tersukses di ajang UFC.

Bahkan, di empat pertarungan terakhirnya, total nilai komersil pertarungan Rousey berupa pay per view mencapai 1,1 juta penonton. Atlet UFC lain yang mampu menorehkan catatan komersil serupa adalah Connor McGregor dan Brock Lesnar yang semuanya merupakan atlet laki-laki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement