Kamis 12 Jul 2018 22:42 WIB

1.500 Peserta Ditargetkan Ikuti Ironman 70.3 Bintan 2018

Ajang triathlon ini menjadi salah satu penunjang pariwisata Bintan

Peluncuran ajang triathlon Ironman 70.3 Bintan 2018
Foto: Biro Komblik Kemenpar
Peluncuran ajang triathlon Ironman 70.3 Bintan 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 1.000 peserta dari sejumlah negara dipastikan ambil bagian di ajang triathlon "Ironman 70.3" yang akan berlangsung di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, pada 18 hingga 19 Agustus mendatang. Peserta akan menempuh jarak 70.3 mil yang terbagi dengan renang sejauh 1.9 kilometer, sepeda sejauh 90 kilometer dan lari 21 kilometer.

"Ironman 70.3 Bintan" juga menjadi ajang kualifikasi Ironman Dunia sebelum mencapai Ironman World Champion yang akan berlangsung di Nelson Mandela Bay, Afrika Selatan, 1 hingga 2 September 2018.

"Karena itu Ironman 70.3 Bintan selalu menarik minat atlet dari banyak negara, termasuk atlet-atlet profesiomal dunia," ujar CEO MetaSport, Nathalie Marquey di Jakarta.

Minat para atlet dari sejumlah negara juga semakin besar karena lomba dilaksanakan di tengah suasana Pulau Bintan yang merupakan salah satu destinasi wisata populer Indonesia. Ironman 70.3 Bintan dipusatkan di Plaza Lagoi sebagai pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi kawasan Bintan Resorts.

Para atlet akan berenang di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah, kemudian bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar serta lari di trek tepi pantai berpasir putih dan hutan tropis dengan fasilitas infrastruktur dunia.

"Dipastikan ada 16 atlet profesional yang dipastikan hadir. Mereka akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menjadi yang terbaik," ujar Nathalie.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira menambahkan, hingga saat ini sudah ada 1.160 peserta yang mendaftar. Jumlah tersebut melebihi target awal yang hanya memperkirakan kehadiran 1.000 peserta.

"Jadi sekarang target kita naikkan menjadi 1.400 hingga 1.500 peserta," ujar Luki.

Peningkatan itu tidak lepas dari eksotisme alam Bintan yang indah. Para atlet tidak hanya untuk berkompetisi, tapi juga sekaligus berwisata. Tak ayal para peserta datang bersama keluarga masing-masing dan memiliki waktu tinggal yang cukup lama.

"Karena itu juga diadakan Ironman Kids yang bisa diikuti oleh anak-anak. Pengelola Bintan Resorts juga akan menyediakan fasilitas bermain untuk anak," ujar Luki.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik kembali digelarnya IronMan 70.3 Bintan untuk kesekian kalinya. Sebagai salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, Bintan memang perlu memiliki banyak atraksi.

"IronMan Bintan ini menjadi salah satunya," ujar Menpar Arief Yahya.

Dengan lokasi Bintan yang dekat dengan Singapura, hanya 45 menit menggunakan kapal ferry,  menjadikan Bintn sebagai salah satu destinasi wista andalan dalam mencetak wisman. Tentunya dalam kaitannya mendukung target nasional tahun ini sebesar 17 juta wisman.

"Pertumbuhan pariwisata Great Batam/Bintan selama periode Januari hingga Mei 2018 sebesar 11,01 persen," ujar Arief Yahya.

Secara kumulatif Januari hingga Mei 2018, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia sebanyak 6,17 juta atau tumbuh 11,89 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2017 berjumlah 5,51 juta kunjungan," kata Arief Yahya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement