Jumat 13 Jul 2018 15:39 WIB

FIFA Selidiki Suporter Inggris

FIFA selidiki adanya ujaran diskriminatif oleh suporter Inggris sepanjang laga.

Suporter timnas Inggris (ilustrasi)
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko
Suporter timnas Inggris (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Badan sepak bola dunia (FIFA) mengatakan pihaknya sedang menyelidiki kemungkinan adanya ujaran-ujaran diskriminatif oleh suporter Inggris sepanjang pertandingan babak semifinal Piala Dunia melawan Kroasia pada Rabu. FIFA tidak memberikan rincian dari ujaran-ujaran tersebut, tetapi hanya mengatakan telah menerima laporan dari pemantau saat pertandingan di Stadion Luzhniki dimana Kroasia menang 2-1 setelah perpanjangan waktu.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa laporan itu telah diajukan melalui sistem pemantauan anti-diskriminasi dalam kaitannya dengan teriakan penonton yang bersifat diskriminatif dan kemungkinan dilakukan fans Inggris pada pertandingan kemarin," kata FIFA dalam sebuah pernyataan pada Kamis.

"Selanjutnya, proses disipliner telah dibuka terhadap asosiasi sepak bola,'' sebutnya. ''Karena prosesnya sedang berlangsung, harap dipahami kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut untuk tahap ini."

FIFA telah mempekerjakan tim pengamat spesialis di semua pertandingan Piala Dunia untuk mendeteksi kemungkinan rasisme dan spanduk-spanduk bernuansa rasis saat digelarnya pertandingan.

Setelah melalui duel yang dramatis di laga semifinal, Kamis (12/7) dini hari WIB, Kroasia akhirnya memastikan timnya lolos ke babak final setelah menekuk Inggris dengan skor 2-1. Gol yang membawa tim asuhan Zlatko Dalic ke final ini dipersembahkan oleh Mario Mandzukic di babak perpanjangan waktu.

Sebelumnya pada waktu normal, Inggris memimpin lebih dulu lewat tendangan bebas Kieran Trippier pada menit kelima. Kroasia membalas melalui Ivan Perisic pada menit ke-69 sehingga laga harus dilanjutkan lewat perpanjangan waktu.

Mandzukic berhasil menjebol gawang Inggris setelah menerima umpan sundulan Ivan Perisic. Gol pun tercipta di menit ke-109. Sorak sorai dari tribun pendukung Kroasia pun membahana tatkala menyaksikan tim kesayangannya mencetak gol.

Pada menit ke-110, Perisic melakukan pelanggaran kepada Walker sehingga membuahkan tendangan bebas untuk Inggris. Namun tendangan tersebut belum membuahkan hasil.

Inggris semakin bermain di bawah tekanan karena nyaris tak ada peluang gol yang tercipta. Berdasarkan statistik pertandingan, Kroasia jauh lebih unggul dalam menembakkan bola ke gawang sebanyak tujuh kali sedangkan Inggris hanya sekali.

Peluang terakhir Inggris datang dari tendangan bebas Marcus Rashford. Akan tetapi, bola yang mengarah ke kotak penalti masih bisa dihalau oleh pemain Kroasia.

Memasuki menit ke-119 Kroasia hampir saja menambah gol jika Kramaric tidak gagal memanfaatkan kesempatan tendangan ke sisi kiri gawang Inggris.

Wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Laga Kroasia kontra Inggris pun ditutup dengan skor 2-1. Pada babak final nanti, Kroasia akan berhadapan dengan Prancis.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement