Jumat 13 Jul 2018 17:25 WIB

Kemenpupera Cek Rumah Zohri untuk Tentukan Model Renovasi

Jokowi memerintahkan menteri Basuki untuk merenovasi rumah Zohri.

Rumah Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Rumah Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memastikan akan melakukan renovasi rumah Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dua pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) langsung terbang ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (13/7) hari ini. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menugaskan tiga pejabat untuk menemui keluarga dan melihat langsung kondisi rumah Zohri. Ini sebagai persiapan pelaksanaan renovasi menyeluruh atas rumah tersebut.

Ketiga pejabat, yakni Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Danis H Sumadilaga dan Direktur Rumah Khusus, Ditjen Penyediaan Perumahan Chris Robert Marbun. "Sesuai perintah Presiden, tadi pagi Menteri PUPR meminta kami segera mengecek kondisi rumah keluarga Zohri untuk dapat menentukan renovasi yang akan dilakukan," kata Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta sebelum terbang menuju NTB, Jumat.

Basuki mengatakan dua pejabat itu terbang ke NTB sebagai bagian dari melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo untuk melakukan renovasi rumah Lalu. ”Saya diperintahkan Presiden Jokowi semalam (12/7), untuk itu (melakukan renovasi),” kata Basuki Hadimuljono menjawab pers di sela kunjungan pengecekan arena pertandingan untuk Asian Games XVIII di Jakabaring Sport City Center Palembang, Jumat.

photo
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat meninjau Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (11/7).

Kemenpupera belum merinci anggaran dan model renovasi yang akan dilakukan oleh pemerintah terhadap rumah Zohri. "Mereka berdua akan menemui keluarga dan melihat langsung kondisi rumah Zohri sebagai persiapan pelaksanaan renovasi menyeluruh atas rumah tersebut," kata Basuki.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangga seluruh rakyat Indonesia atas prestasi Zohri menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

Sejak Kamis (12/7) kemarin hingga Sabtu (14/7) besok, Basuki melakukan  mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Agenda pada kunjungan kerja ini, yakni meninjau kesiapan infrastruktur Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018 dan membuka Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden 2018.

Kejuaran itu sekaligus tes agenda arena dayung yang pembangunan embungnya dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air. Pembangunan tribun arena pertandingan dayung dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya.

Pemerintah secara keseluruhan membangun 14 arena dan pembenahan kawasan Jakabaring Sport City Center untuk persiapan Asian Games XVIII dengan total anggaran Rp 600-Rp 700 miliar.

photo
Sejumlah medali Lalu Muhammad Zohri dipamerkan di rumahnya di Dusun Karang Pangsor, Pemenang, Lombok Utara, NTB, Jumat (13/7). (Republika/Muhammad Nursyamsyi)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement