Sabtu 14 Jul 2018 21:34 WIB

Tekuk Myanmar, Malaysia Juara Piala AFF U-19 2018

Gol penentu kemenangan Malaysia dicetak pada perpanjangan waktu menit ke-90+3.

TIm Malaysia U19 melakukan selebrasi ketika berhasil mengalahkan Indonesia U-19 dengan adu pinalti saat adu pinalti dalam laga semi final Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (12/7).
Foto: Zabur Karuru/Antara
TIm Malaysia U19 melakukan selebrasi ketika berhasil mengalahkan Indonesia U-19 dengan adu pinalti saat adu pinalti dalam laga semi final Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (12/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Timnas U-19 Malaysia berhasil menjuarai turnamen sepak bola Piala AFF-19 setelah mengalahkan Myanmar 4-3 pada laga final di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (14/7) malam. Sebelumnya, di semifinal Malaysia menyingkirkan tuan rumah Indonesia lewat adu penalti.

Pada babak pertama, di menit ketiga Awang Muhammad Faiz brrhasil menjebol gawang Myanmar melalui tendangan dari sisi kanan gawang yang tidak bisa ditepis oleh kiper Myanmar Zin Nyi Nyi Aung.

Pada menit 18, Malaysia menggandakan gol setelah terjadi kemelut di depan gawang Myanmar dan langsung dimanfaatkan Nik Akif Syahiran. Skor menjadi 2-0 untuk kemenangan Malaysia

Baru kemudian di menit ke-24, Myanmar berhasil mengejar ketinggalan melalui aksi individu Wing Naing Tun lewat tendangan keras yang tidak bisa dihalau kiper Malaysia Muhammad Azri. Skor 2-1.

Tiga menit berselang, tepatnya di menit ke-27, Myanmar berhasil menyamakan kedudukan setelah tendangan Myat Kaung Khant yang berhasil menjebol gawang Malaysia. Skor 2-2.

Myanmar semakin menunjukkan kegigihannya setelah gol ketiga berhasil diciptakan oleh Myat Kaung Khant lewat tendangan pojok di menit ke-31. Skor menjadi 3-2 untuk Myanmar.

Memasuki babak kedua, pelatih Malaysia Bojan Hodak menarik keluar Ammar Akhmall dan menggantinya dengan Muhammad Zafuan. Pada menit ke-78, pemain Malaysia Shivan Pillay Asokan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan setelah terjadi kemelut di depan gawang Myanmar. Skor menjadi 3-3.

Memasuki perpanjangan waktu, di menit 90+3 Malaysia berhasil menambah skor menjadi 4-3 melalui tendangan bebas yang dilakukan oleh Nik Akif Syahiran.

Sementara timnas Indonesia U-19 menempati posisi ketiga setelah mengalahkan Thailand 2-1. Dua gol Indonesia berhasil diciptakan oleh Feby Eka Putra pada menit ke-34 dan Sahrian Abimanyu pada menit ke-82. Satu-satunya gol Thailand diciptakan oleh Matee Sarakum melalui sundulan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement