Selasa 17 Jul 2018 20:44 WIB

Persija Gagal Menang Lagi, Takluk 0-2 dari Bali United

Persija turun satu peringkat ke posisi sembilan dengan nilai 22.

Liga 1
Foto: Ist
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Persija Jakarta gagal memutus rangkaian hasil negatif di Liga 1. Setelah tiga laga tanpa kemenangan dan hanya memetik dua angka, Macan Kemayoran kembali gagal mengamankan tiga poin. Persija harus mengakui keunggulan Bali United 0-2 pada laga pekan ke-16 Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, DIY, Selasa (17/7). 

Gagal menambah angka membuat posisi Persija turun satu peringkat ke posisi sembilan dengan nilai 22. Sementara Bali United naik dari posisi 11 ke peringkat tujuh dengan nilai 23.

Bali United layak berterima kasih kepada penyerang Melvin Platje, Stefano Lilipaly, dan kiper Wawan Hendrawan. Platje dan Lilipaly mencetak gol untuk Serdadu Tridatu. Sementara Wawan menampilkan penyelamatan gemilang sepanjang 2x45 menit untuk menjaga gawang Bali United tak kebobolan.

Bali United mengambil inisiatif serangan pada awal babak pertama. Beberapa pergerakan tim asuhan Widodo Cahyono Putro di depan sempat merepotkan Andritany Ardhiyasa. Tapi, Persija merespons dan mendapatkan peluang emas  pada menit ke-13 melalui akselerasi Riko Simanjuntak. Sayang, umpan silangnya gagal dimanfaatkan oleh Osas Saha.

Empat menit berselang, tendangan bebas Ismed Sofyan berhasil dihalau bek Bali United, namun bola jatuh di kaki Riko. Tapi upaya gelandang lincah ini berhasil ditepis Wawan.

Persija yang keasyikan menyerang dibuat tak berdaya lewat serangan cepat Bali United. Dallen Ramadhan yang lepas di sisi kiri pertahanan Persija melepas umpan lambung tanpa pengawalan. Platje yang juga tanpa kawalan dengan mudah menyambar bola untuk menaklukkan Andritany pada menit ke-20.

Gol Serdadu Tridatu membuat Persija meningkatkan tekanan. Serangan dari kedua sayap dilancarkan, tapi masih bisa dihalau Bali United. Upaya Ramdani Lestaluhu, Osas Saha, dan Marko Simic kandas di pertahanan Persija atau tepisan Wawan. Sukadana sempat menjebol gawang Andritany pada menit ke-41, tapi gol dianulir karena offside. Jelang turun minum, tandukan Simic juga tak menemui sasaran sehingga skor tak berubah.

Babak kedua, Bali United bermain lebih taktis meladeni Persija yang all out menyerang. Menit ke-51, upaya Ilija Spasojevic belum menemui sasaran. Serangan ini dibalas Ramdani yang sukses melewati dua pemain Bali United, namun percobaannya diamankan Wawan.

Menit ke-54, Andritany membuat penyelamatan gemilang. Sundulan Ahn Byung-keon yang dipantulkan ke bawah memanfaatkan umpan silang Van der Velden masih bisa ditepis Andritany dengan satu tangan.

Pelatih Stefano Cugurra memasukkan Ivan Carlos pada menit ke-58 untuk menggantikan Osas Saha. Persija kini lebih banyak bermain dengan bola-bola lambung yang diarahkan langsung ke kotak penalti Bali United, baik dari sayap ataupun langsung dari tengah. Harapannya, Carlos dan Simic mampu menyambutnya dan mencetak gol. Namun barisan pertahanan Bali United dan Wawan dengan sigap memotong atau menghalau bola. Andai Simic atau Carlos bisa menyambut, tandukan mereka tak tepat sasaran.

Sesekali Persija bermain satu dua lewat Rohit Chand dan Rezaldi. Tapi percobaan Rezaldi kandas di pertahanan Bali United. Begitu juga upaya serupa yang dibuat Riko.

Widodo kemudian memasukkan Stefano Lilipaly pada menit ke-66 menggantikan Platje. Teco, sapaan Cugurra, merespons dengan menurunkan Fitra Ridwan menggantikan Chand pada menit ke-69. Permainan tak banyak berubah, Persija tetap menggempur pertahanan Bali United, tapi gagal karena penyelesaian akhir tak prima serta cemerlangnya Wawan. 

Widodo memasukkan Ahmad Agung pada menit ke-77 menggantikan Ahn. Fadil Sausu juga turun menempati posisi Sukadana pada menit ke-81. Masuknya tenaga baru membuat Bali United makin sulit ditembus dan membuat barisan penyerang Persija frustrasi.

Memasuki menit keempat injury time, Bali United mendapatkan gol tambahan lewat Lilipaly. Kerja sama satu dua Lilipaly dan Spaso diakhiri sontekan pelan pemain berdarah Belanda yang menaklukkan Andritany. Tapi, Lilipaly tak mau merayakan karena pernah memperkuat Persija.

Susunan Pemain:

Persija

Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanusa; Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Rohit Chand (Fitra Ridwan 69'); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Osas Saha (Ivan Carlos 58').

Pelatih: Stefano Cugurra

Bali United

Wawan Hendrawan; Dias Angga Putra, Ahn Byung-keon (Ahmad Agung 77'), Agus Nova, Ricky Fajrin; Dallen Doke, M Taufiq, A Sukadana Pratama (Fadil Sausu 81'), Nick Van Der Velden; Ilija Spasojevic, Melvin Platje (Stefano Lilipaly 66')

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement