REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Kedatangan Cristiano Ronaldo di Juventus akan memberikan dampak yang besar bagi klub, baik di lapangan maupun di luar lapangan. Pemilik Juve telah menyebutnya sebagai 'Cristiano Effect'.
Segera setelah penandatanganan kontrak mantan bintang Real Madrid itu diumumkan, penjualan jersey Ronaldo dengan nomor punggung 7 langsung laris. Stok jersey untuk musim depan pun sudah terjual habis.
Penjualan jersey Ronaldo itu memang di luar perkiraan, meski Juve hanya menerima keuntungan 20 persen dari harga penjualan. Namun itu sudah cukup menunjukkan dampak bergabungnya Ronaldo dengan Si Nyonya Tua, khususnya untuk brand Juve.
Untuk musim 2018/2019, keuntungan operasional Juventus diperkirakan akan meningkat 30 persen. Bahkan saat kepindahan Ronaldo masih rumor, saham Juve sudah meningkat hingga 0,80 euro, naik dari 0,67 euro sejak awal Juni. Saham Juve mencapai 0,90 euro pada 10 Juli, di hari saat pemain berjulukan CR7 menandatangani kontrak.
Indikasi lainnya dari 'Cristiano Effect' adalah penjualan tiket musim depan. Tahun lalu, Juventus mendapatkan 27,7 juta euro dari penjualan tiket. Peningkatan rata-rata harga tiket sebesar 30 persen untuk musim depan. Klub juga memprediksi penjualan tiket reguler akan mencapai 71 juta euro, jika Juve lolos ke final Liga Champions dan Copa Italia.
Selain itu, Juve juga memiliki peluang untuk negosiasi ulang dengan sponsor saat ini seperti Adidas, Jeep, dan Cygames, termasuk kerja sama regional dengan Afrika, Amerika, dan Asia.