Kamis 19 Jul 2018 14:35 WIB

Legenda Karate Indonesia Umar Syarief Jadi Master Trainer

Ai Lee dan Umar terlibat dan berperan penting sebagai pencipta Strong by Zumba.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endro Yuwanto
 Pasangan karateka dunia, Umar Syarief (kanan) dan istrinya Ai Lee Syarief (tengah).
Foto: REPUBLIKA/MUTIA RAMADHANI
Pasangan karateka dunia, Umar Syarief (kanan) dan istrinya Ai Lee Syarief (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Legenda karateka Indonesia, Umar Syarief pensiun dari dunia olah raga bela diri yang membesarkan namanya sejak 2016. Peraih medali emas dan perak di berbagai kejuaraan, seperti PON, SEA Games, dan Asian Games ini sekarang menjadi master trainer Strong by Zumba bersama istrinya yang juga seorang atlet karate Swiss, Ai Lee Syarief.

Pasangan suami istri ini kemudian menetap di Swiss dan membangun sebuah dojo seni bela diri di sana. Ai Lee dan Umar terlibat dan berperan penting sebagai pencipta Strong by Zumba yang kini sudah dikenal banyak negara di berbagai belahan dunia.

Umar mengatakan, dirinya telah menjalani karate sepanjang hidup. Setelah pensiun, ia ingin melakukan sesuatu yang baru, namun masih berhubungan dengan passionnya, yaitu hidup aktif dan sehat.

"Salah satu tanggung jawab kami sebagai atlet adalah menginspirasi orang lain. Saya menemukan semangat yang sama di Strong by Zumba," kata Umar saat dijumpai Republika.co.id di Denpasar, Kamis (19/7).

Strong by Zumba adalah fenomena baru olah raga zumba. Pengalamannya sebagai atlet membuat Umar dan Ai Lee aktif berkeliling dunia memperkenalkan Strong by Zumba, melatih banyak instruktur baru yang disebut Sync, serta mengembangkan gerakan-gerakan baru dan berbeda.

Strong by Zumba berbeda dengan Zumba Fitness. Ini adalah inovasi latihan terbaru oleh zumba yang menggabungkan latihan penurunan berat badan, pengondisian otot, kardio, dan polymetric yang disinkronisasikan dengan musik original terpilih.

Umar mengatakan Strong by Zumba akan mengubah dunia fitness saat ini. Ia terpesona dengan konsepnya, yaitu kelas dengan gaya bootcamp berintensitas tinggi yang menerapkan sinkronisasi musik untuk memberikan motivasi latihan. "Sebagai orang Indonesia, saya senang bisa kembali ke Tanah Air dan memperkenalkan Strong by Zumba. Saya berharap bisa sering kembali ke sini," katanya.

Umar menambahkan, Strong by Zumba bisa dinikmati semua atlet dan mantan atlet di Indonesia. Ia melihat banyak rekannya setelah pensiun tak tahu arah tujuan hidupnya.

"Padahal mereka sebelumnya menjalani banyak latihan fisik. Mereka bisa mendaftar sebagai instruktur di Strong by Zumba dan memperluas karier di bidang olah raga," katanya.

Puluhan penggemar fitness di Bali pada Kamis ini berkumpul untuk berjumpa langsung dengan dua orang master trainer Strong by Zumba di De Gym, Denpasar. Sebagian besar dari mereka adalah Sync, instruktur yang sudah bersertifikasi. Kelas fitness di berbagai kota di Indonesia sekarang telah menyediakan kelas Strong by Zumba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement