Jumat 20 Jul 2018 16:43 WIB

Menko PMK Senang Makam Kakeknya Disinggahi Kirab Obor

Puan menyebut peristiwa ini memiliki makna sejarah.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Friska Yolanda
Kirab Obor Asian Games melintasi Blitar, Jumat (20/7).
Foto: Kemenko PMK
Kirab Obor Asian Games melintasi Blitar, Jumat (20/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani merasa bersyukur makam kakeknya yang juga proklamator Indonesia Soekarno disinggahi kirab obor kompetisi olahraga internasional Asian Games 2018, di Kota Blitar, Jawa Timur (Jatim), Jumat (20/7).

Puan mengaku bersyukur saat torch relay tiba di makam kakeknya. Ia menyebut peristiwa ini memiliki makna sejarah.

"Ketika Asian Games digelar di Indonesia pertama kalinya tahun 1962, Pak Soekarno yang menjadi presidennya. Kemudian setelah 56 tahun, alhamdulilah Indonesia kembali menjadi tuan rumah," ujarnya saat ditemui wartawan di sela-sela torch relay Asian Games 2018, di depan tempat peristirahatan Soekarno, di Blitar, Jumat.

photo
Menko PMK Puan Maharani menyempatkan diri nyekar ke makam kakeknya, proklamator negara Soekarno.

Tak hanya itu, ia menyebut pelaksanaan Asian Games di Tanah Air juga ikut mendukung sektor usaha kecil menengah (UKM) hingga pariwisata. Tetapi, ia menegaskan kesuksesan kompetisi setiap empat tahun sekali ini bergantung dari kerja sama dan dukungan seluruh rakyat Indonesia karena Asian Games merupakan event olahraga seluruh rakyat Indonesia. 

"Jadi gotong royong diperlukan untuk kesuksesan Asian Games ke-18," ujarnya.

Api obor yang merupakan perpaduan kedua api abadi dari India dan Mrapen, Indonesia itu dibawa masuk oleh Atlet Olimpiade cabang olahraga Tenis Meja, Ling Ling Agustine menuju situs makam Bung Karno. Api yang dibawa dengan tinder ini kemudian diterima oleh Menko PMK lalu rombongan diberi kesempatan berziarah serta memanjatkan doa bersama untuk arwah Proklamator RI itu.

Kegiatan estafet api obor keliling Indonesia ini menjadi simbol pertemanan dan semangat Asian Games 2018 di seluruh penjuru Indonesia sekaligus mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta potensi-potensi daerah lainnya ke mancanegara. Kirab obor Asian Games 2018 akan dibawa berkeliling di 53 kota dan 18 provinsi di Indonesia sampai akhirnya mendarat di Jakarta yang akan dinyalakan oleh Presiden Joko Widodo tepat pada pembukaan Asian Games XVIII 2018, pada tanggal 18 Agustus 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement