Sabtu 21 Jul 2018 18:04 WIB

Audisi PB Djarum Purwokerto, 176 Anak Lolos Tahap Turnamen

Ada dua gedung di kawasan GOR Satria digunakan untuk menggelar kegiatan ini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018. (ilustrasi)
Foto: Dok PB Djarum
Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Rangkaian Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di Purwokerto, Jawa Tengah, dibuka dengan tahap screening yang digelar di GOR Satria, Sabtu (21/7).  Sebanyak 805 peserta berasal dari enam kategori yakni U-11 putra, U-11 putri, U-13 putra, U-13 putri, U-15 putra, dan U-15 putri. 

Ada dua gedung di kawasan GOR Satria digunakan untuk menggelar kegiatan ini. Setiap peserta bertemu lawan sesuai kategori usia masing-masing dalam durasi sekitar sepuluh menit. Selama waktu pertandingan itu, tim pencari bakat PB Djarum menyeleksi peserta yang berhak melaju ke tahap turnamen. 

Keputusannya, sebanyak 176 peserta dinyatakan lolos ke tahap turnamen. Rinciannya, kelompok U-11 putra, 48 orang, U-11 puteri (31), U-13 putra (57), U-13 putri (18), U-15 putra (15), U-15 putri (7). 

"Ada beberapa yang kekecilan. Ada yang masih delapan tahun. Butuh waktu lagi untuk mengembangkan. Tapi banyak yang sudah sembilan dan 10 tahun ke atas," kata salah satu pencari bakat, Hariyanto Arni, di GOR Satria, Purwokerto.

Legenda bulu tangkis Indonesia itu menilai jumlah peserta 805 orang menunjukkan antusiasme masyarakat, khususnya di Jawa Tengah dan sekitarnya, terhadap olahraga ini. Kota Purwokerto, lanjut dia, sudah dikenal khalayak sebagai salah satu daerah penghasil pemain andal, seperti Christian Hadinata atau Fung Permadi. 

"Banyak pemain hebat lahir dari Purwokerto, Tantowi (Ahmad) juga. Mudah-mudahan anak-anak ini ada yang bisa menembus level nasional," ujar Hariyanto.

Usai di Purwokerto, PB Djarum akan melanjutkan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis yang bergulir di beberapa kota lainnya di Pulau Jawa. Kota-kota tersebut adalah Cirebon, Solo, dan Kudus. Para atlet yang berhasil lolos dari fase Audisi Umum di Purwokerto akan melaju ke babak Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis, di GOR Djarum, Jati, Kudus, pada 7-9 September 2018. Di tahap final ini mereka akan kembali berkompetisi dengan para atlet dari kota-kota lainnya sebelum akhirnya diumumkan siapa saja yang resmi diterima menjadi atlet PB Djarum.

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 dapat diikuti oleh atlet putra dan putri berkewarganegaraan Indonesia dengan kategori U11 (berusia 6-10), U13 (untuk peserta dengan umur 11-12 tahun), dan U15 (untuk peserta dengan umur 13-14 tahun). Audisi akan dilakukan dalam bentuk kompetisi dengan sistem gugur.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman www.pbdjarum.org atau dengan mendaftarkan diri secara langsung sehari sebelum pelaksanaan Audisi Umum di GOR setiap kota audisi. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang satu hari sebelum tahap seleksi (H-1) sesuai kota audisi pilihannya.

"Kepada orang tua, pelatih. Kita berharap memberikan dukungan moril kepada anak-anak saat bertanding," ujar Christian Hadinata.

Para legenda bulu tangkis Tanah Air dan pelatih PB Djarum termasuk dalam tim pencari bakat. Selain Hariyanto Arbi dan Christian Hadinata, ada Denny Kantono, Simbarsono, Antonius Budi Ariantyo, Lius Pongoh, Meiliana Jauhari, Engga Setiawan, Puri Setyo, dan Lukman Hakim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement