Senin 23 Jul 2018 09:55 WIB

Barcelona: Terima Kasih Rafa

Rafael Marquez memutuskan pensiun setelah 22 tahun berkarier sebagai pemain

Rafael Marquez
Foto: Reuters/Paul Hanna
Rafael Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Klub raksasa La Liga Barcelona memberi penghormatan atas karier Rafael Marquez di dunia sepak bola. Eks pemain Barcelona itu memutuskan gantung sepatu di usianya ke-39 tahun.

Mantan bek dan kapten Meksiko itu memiliki karier selama 22 tahun sebagai pemain di sepak bola profesional. Ia bahkan disebut sebagai pemain terbaik Meksiko.

Bersama Barcelona, Marquez memenangkan empat gelar LaLiga dan dua trofi Liga Champions. Marquez tiba di Barcelona dari Monaco pada 2003 dan menghabiskan tujuh tahun berseragam Barca.

"Terima kasih Rafa dan semoga berhasil!," tulis klub Barcelona lewat akun twitter resmi, dikutip dari fourfourtwo, Senin (23/7).

Marquez menjadi pemain ketiga yang membela Meksiko sebanyak lima kali di Piala Dunia. Terakhir, Marquez membela Meksiko di Piala Dunia 2018 dan membawa Meksiko menembus 16 besar. 

(Baca Juga: Barcelona Naikkan Penawaran untuk Willian)

Selain Barcelona, Marquez juga pernah membela klub-klub besar dunia. Seperti Monaco, New York Red Bulls, Leon dan Hellas Verona di Italia, serta Atlas sebagai klub profesional terakhirnya.

"Mereka (klub-klub) telah menjadi bagian saya selama 22 tahun, di mana saya merasa sangat puas karena telah melakukan banyak pengorbanan, upaya, kesalahan yang kadang menghasilkan kesedihan, terkadang kekecewaan, tapi yang utama adalah sukacita," tulis Marquez dalam ucapan perpisahannya.

Marquez mengucapkan terima kasih pada semua penggemar yang telah menunjukkan dukungan dan kasih sayang padanya selama bertahun-tahun.

"Mereka dan akan terus menjadi semangat saya untuk terus memberikan yang terbaik, apapun yang saya lakukan dan dimanapun saya berada," ujar Marquez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement