Selasa 24 Jul 2018 09:27 WIB

Pesan Motivasi dan Pembelaan Salah untuk Karius

Salah menganggap kritik selalu menempa pemain-pemain terbaik

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Hazliansyah
Mohamed Salah
Foto: EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU
Mohamed Salah

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Nama penjaga gawang Liverpool, Lukas Karius, seolah tak berhenti menjadi bahan pembicaraan. Bukan lantaran aksi-aksinya menyelamatkan gawang dari gempuran musuh, melainkan blunder-blunder fatal yang kerap dilakukannya.

Publik tentu masih ingat bagaimana permainan kiper 25 tahun itu saat menghadapi Real Madrid di laga final Liga Champions pada Mei silam. Pada saat itu, Karius melakukan dua blunder fatal yang berujung robeknya gawang Liverpool.

Ujungnya, The Reds kalah 1-3 dari Los Blancos dan harus merelakan trofi Liga Champions dibawa pulang para penggawa Real Madrid ke Santiago Bernabeu. Kali ini, lagi-lagi Karius melakukan blunder fatal, di ajang turnamen pra-musim, International Championship Cup (ICC).

Tepatnya saat Liverpool berhadapan dengan Borussia Dortmund di Stadium Bank of America, North Carolina, Senin (23/7) waktu setempat. Dalam laga tersebut, The Reds kalah 1-3.

Gol terakhir Dortmund, yang dicetak Christian Pulisic, hadir lantaran Karius tidak bisa menangkap bola dengan sempurna, sehingga bola terlepas dari genggamannya dan langsung disambar Pulisic.

Blunder ini kembali membuat Karius menjadi bulan-bulanan kritik, atau bahkan cemoohan, terutama di berbagai jagat media sosial. Banyak yang berpendapat, kiper asal Jerman itu sudah tidak pantas lagi menjadi kiper Liverpool.

Namun, dukungan terhadap Karius disampaikan salah satu bintang Liverpool, Mohammed Salah. Lewat cuitan di akun twitter resmi miliknya, gelandang serang asal Mesir itu memberikan dukungan kepada Karius untuk tidak mendengarkan berbagai cemoohan dan kritikan yang ditujukan kepadanya.

"Tetap kuat Karius, semua ini selalu menimpa pemain-pemain terbaik. Abaikan saja semua komentar-komentar penuh kebencian itu." tulis Salah, seperti dikutip BBC, Selasa (24/7).

photo
Loris Karius

Sebelumnya, pascablunder tersebut, Karius sempat mengunggah sebuah pernyataan di akun Instagramnya.

Di akunnya tersebut, Karius menulis, ''Untuk semua orang yang merasakan kesenangan saat orang lain gagal dan menderita, saya ikut merasakannya untuk Anda. Apapun yang terjadi dalam hidup Anda, yang membuat Anda menahan kemarahan dan kebencian, semoga itu semua terlewat dan hal baik terjadi dalam hidup Anda.''

Tidak hanya Salah, dukungan juga sempat diungkapkan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Namun, pelatih asal Jerman itu menyebut, Karius akan terus dikritik sampai dirinya bisa menampilkan penampilan apik. Setidaknya dalam beberapa laga.

Kendati begitu, di bursa transfer musim panas kali ini, Liverpool sebenarnya telah melakukan pembelian penjaga gawang baru, dengan merekrut kiper asal Brasil, Alisson, dari AS Roma. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement