Selasa 24 Jul 2018 18:52 WIB

Empat Pemain Timnas Absen di Latihan Pertama Persiapan AG

Milla akan menyusutkan skuatnya menjadi 20 nama sesuai kuota Asian Games 2018.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Timnas U-23 Muhammad Ridho (kiri), Gavin Kwan Adsit (kedua kiri) bermain bola dengan Pelatih Luis Milla saat kegiatan pemusatan latihan (TC) perdananya di Stadion Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (24/7).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Pesepak bola Timnas U-23 Muhammad Ridho (kiri), Gavin Kwan Adsit (kedua kiri) bermain bola dengan Pelatih Luis Milla saat kegiatan pemusatan latihan (TC) perdananya di Stadion Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (24/7).

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Timnas sepak bola Indonesia mulai menggelar pemusatan latihan persiapan Asian Games 2018 di Gianyar, Bali, Selasa (24/7). Tetapi empat dari 24 pemain belum hadir bergabung ke Wayan Dipta.

Asisten pelatih timnas Bima Sakti Tukiman menyampaikan, tiga pemain yang belum bergabung yakni para penggawa yang berkompetisi di luar negeri. Seperti pemain Alemere City Ezra Wallian dan dua pemain Selangor FA, Evan Dimas serta Ilham Udin. Satu pemain lagi yang belum bergabung adalah gelandang Persela Lamongan, Saddil Ramdani.

"Ezra, Evan, dan Ilham masih dikomunikasikan dengan klub. Saddil mungkin akan segera bergabung," ujar Bima kepada wartawan, pada Selasa (24/7).

Adapun kiper Bhayangkara FC Awan Setho Rahardjo belum fit dari cedera. Bima mengatakan, di hari pertama latihan hanya sekadar memastikan tak ada pemain yang cedera. Porsi latihan pun terbatas. "Jadi hari ini latihan awal. Kami hanya main set games (latihan biasa). Mungkin baru besok Rabu (25/7) latihan start games," ujar dia.

Pelatih timnas Indonesia Luis Milla Aspas semula memanggil sebanyak 24 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan. Milla menjadwalkan latihan sampai 11 Agustus mendatang. Sedangkan, pertandingan pertama cabang sepak bola Asian Games 2018 akan dimulai pada 10 atau 14 Agustus.

Pemusatan latihan di Bali akan menyusutkan para pemain menjadi 20 nama sesuai dengan kuota Asian Games. Jumlah kuota tersebut termasuk tiga pemain senior di atas U-23. Hasil pengundian cabang olahraga (cabor) sepak bola, Kamis (5/7) di Jakarta, menempatkan timnas Indonesia di Grup A bersama Hongkong, Laos, dan Taiwan.

Akan tetapi, komposisi negara calon lawan akan berubah. Sebab pada Rabu (25/7) Federasi Sepak Bola Asia (AFC) bersama panitia Asian Games 2018 (Inasgoc) dan Komite Olimpiade Asia (OCA) akan melakukan undian ulang menyusul negara peserta baru, Uni Emirat Arab (UEA) dan Palestina.

Adapun terkait pemain yang absen latihan di hari pertama, Bima melanjutkan, masih akan menunggu tim lengkap. Kata dia, komunikasi antara PSSI dan klub-klub tempat pemain berkompetisi terus dilakukan. Manajer Ezra Walian, Wide Putra Ananda saat dihubungi memastikan kliennya akan bergabung dalam latihan. "Insya Allah baru pekan depan (Ezra) akan tiba di Indonesia," ujar Wide.

Wide mengungkapkan saat ini Ezra belum mendapatkan izin dari manajemen Almere City di Liga Belanda untuk pulang kampung mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia. Almere City, saat ini juga masih ada dua pertandingan uji coba. "Jadi Ezra belum mendapatkan izin," kata dia.

Namun Wide memastikan regulasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberikan perlindungan kepada pemain yang tak mendapatkan izin dari klub untuk memperkuat skuat timnas. "Aturan FIFA jelas menerangkan klub harus memberikan izin pemain memperkuat timnas 14 hari sebelum gelaran," sambung dia. Khusus Asian Games, kata Wide, FIFA sudah mengetahui jadwal kompetisi sepak bola antar timnas se-negara Asia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement