Rabu 25 Jul 2018 13:08 WIB

Liga 1 Dibayangi Tiga Agenda Nasional

LIB akan menggelar pertandingan hingga pekan ke-20 dan istirahat pada pekan ke-21.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Berlinton Siahaan
Foto: REPUBLIKA/Ali Mansur
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Berlinton Siahaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 paruh kedua musim 2018 akan berlangsung mulai 27 Juli atau bersamaan dengan tiga agenda nasional di Indonesia. Pertama, Piala AFF U-16 29 Juli-11 Agustus, Asian Games pada 18 Agustus-2 September, kemudian persiapan pemilihan legislatif dan Presiden yang dimulai pada 2018.

"Pertandingan pada 27 Juli itu berarti laga pekan ke-18. Kami akan menggelar pertandingan hingga pekan ke-20 dan istirahat pada pekan ke-21 selama satu bulan," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa malam (24/7).

Jeda kompetisi paruh kedua Liga 1 2018 pada pekan ke-21, menurut Berlington, menyusul penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Liga istirahat satu bulan karena ada pemain-pemain klub yang masuk ke dalam tim nasional Indonesia. 

"Pemain-pemain lain yang tidak ikut dalam timnas akan berlatih selama satu bulan agar pertandingan kompetisi semakin menarik," ujarnya.

Pada penyelenggaraan kompetisi Liga 1 musim 2018, Berlington mengatakan hanya ada satu laga yang tertinggal yaitu pertandingan antara Persib Bandung dengan Persebaya Surabaya pada 26 Juli. Laga itu menentukan peringkat pertama paruh musim Liga 1 2018. Ia berjanji akan memperbaiki jadwal kompetisi pada paruh kedua nanti.

Berlington mengklaim evaluasi penyelenggaraan kompetisi Liga 1 paruh musim pertama lebih baik dibanding kompetisi Liga 1 musim 2017.

"Komplain tentang wasit dari klub berkurang dibanding musim sebelumnya. Pada paruh pertama Liga 1 musim 2018, protes klub terkait wasit hanya tiga kali. Kami akan terus memperbaiki itu," katanya.

Evaluasi lain yaitu terkait upaya PT LIB untuk mengurangi biaya dari klub ketika mengikuti pertandingan di luar wilayah mereka. Sementara terkait keluhan terhadap Komisi Disiplin PSSI, ia mengatakan itu bukan ranah PT LIB. "Sebagai operator, LIB hanya menjalankan kompetisi. PSSI akan menggelar pertemuan terkait komisi disiplin," katanya.

Klasemen kompetisi Liga 1 Musim 2018 hingga pekan ke-17 menempatkan PS Barito Putera sebagai pemimpin klasemen sementara dengan poin sebanyak 28 dan selisih gol lima. Tim PSM Makassar menempati posisi kedua dengan poin 28 dan selisih gol empat, dan disusul Bhayangkara FC pada tempat ketiga dengan 26 poin dan selisih gol nol.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement