Jumat 27 Jul 2018 05:16 WIB

PBSI Pantau Kejuaraan Dunia untuk Target Asian Games

Ada dua pekan untuk memperbaiki penampilan di Kejuaraan Dunia menuju Asian Games 2018

Kabid Binpres PP PBSI Susy Susanti (ketiga kiri) dan Sekjen PP PBSI Achmad Budiarto (kelima kiri) bersama sejumlah pebulu tangkis yang akan turun di Kejuaraan Dunia 2018.
Foto: Dok PP PBSI
Kabid Binpres PP PBSI Susy Susanti (ketiga kiri) dan Sekjen PP PBSI Achmad Budiarto (kelima kiri) bersama sejumlah pebulu tangkis yang akan turun di Kejuaraan Dunia 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan memanfaatkan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018 di Nanjing, Cina sebagai ajang pemantauan peta kekuatan dan persaingan dalam pertandingan cabang bulu tangkis Asian Games 2018. Ini diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Susy Susanti di Jakarta, Kamis (26/7).

"Keberhasilan para pemain dalam Kejuaraan Dunia 2018 menjadi suatu modal yang baik. Kepercayaan diri, keyakinan, dan pengalaman atlet menjadi bekal bagi para atlet karena lawan-lawan dalam Asian Games juga hampir sama dengan kejuaraan dunia," kata Susy.

Susy mengatakan, ada dua pekan untuk memperbaiki penampilan di Kejuaraan Dunia menuju Asian Games 2018. Kalau menang dalam kejuaraan dunia, PBSI juga akan memantau persiapan pemain agar tidak gagal mempertahankan kemenangan itu dalam Asian Games.

Susy mengaku berharap mendapatkan kejutan prestasi dari sektor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran dalam Asian Games.

Sementara, Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto mengatakan target medali cabang bulu tangkis dalam Asian Games adalah satu medali emas.

"Kami harus mengamankan target pemerintah yang dibebankan kepada kami melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Tapi, PBSI berharap dapat mempertahankan perolehan medali Asian Games 2014 yaitu dua medali emas," kata Budiharto.

Budiharto mengatakan ketidakhadiran pasangan unggulan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dalam Kejuaraan Dunia 2018 menjadi langkah PBSI untuk menyiapkan pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu menuju Asian Games.

"Umur tidak dapat dimanipulasi. Kami harus memberikan pertandingan sesuai dengan porsi mereka. Owi/Butet harus dijaga agar tidak cedera," kata Budiharto. 

Berikut daftar pemain Indonesia yang akan tampil di Kejuaraan Dunia 2018:

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto

Tunggal Putri

Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela

Ganda Campuran

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Ronald Alexander/Annisa Saufika, Yantoni Edi Saputra/Marsheilla Gischa Islami

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement