Senin 06 Aug 2018 00:35 WIB

72 Atlet Berebut Super Tiket Audisi Umum Djarum

72 pebulu tangkis muda itu berasal dari enam kategori.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita
Sebanyak 265 peserta Audisi Djarum Beasiswa Bulutangkis yang datang dari berbagai provinsi Solo Raya, mengikuti tahap turnamen di GOR RM Said, Ahad (5/8).
Foto: Republika/Anggoro Pramudya
Sebanyak 265 peserta Audisi Djarum Beasiswa Bulutangkis yang datang dari berbagai provinsi Solo Raya, mengikuti tahap turnamen di GOR RM Said, Ahad (5/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 yang digelar di Solo Raya memasuki tahap turnamen. Tersisa 72 pebulu tangkis muda dari enam kategori yang bakal bertarung demi mengamankan super tiket yang digelar di GOR RM Said.

Anggota tim pencari bakat Yuni Kartika menanggapi beberapa kategori pemain-pemain berkualitas. Menurutnya, para atlet muda tersebut memiliki peluang untuk mendapatkan Super Tiket dan berhak mengikuti Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di Kota Kudus.

"Saya lihat kualitas pemain yang bagus-bagus ada di usia tertentu. Untuk di Audisi Umum karanganyar ini, khususnya U-13 Putra terlihat banyak yang istimewa," kata Yuni ketika konfrensi pers, Ahad (5/8).

Kendati menjaring pemain putri bukan lah perkara mudah, tetapi Yuni mengaku bahwa para peserta U-11 dan U-13 putri di tempat ini cukup menggemberikan. "Selalu sulit untuk menjaring pemain putri. Sebab olahraga bulu tangkis ini terbilang olahraga keras, sehingga bagi putri fisik dan stamina harus kuat," kata pemenang Piala Uber 1994.

Pemantauan bakat-bakat muda di Karanganyar dilakukan secara langsung oleh para legenda bulu tangkis Indonesia serta pelatih PB Djarum yang termasuk dalam Tim Pencari Bakat, yakni Fung Permadi, Basri Yusuf, Yuni Kartika, Sigit Budiarto, Alvent Yulianto, Tri Kusharjanto, dan Sulaiman.

Program Associate Bakti Olahraga Abraham Delta Oktaviari mengapresiasi dukungan dari orang tua serta para atlet terhadap bibit-bibit muda yang mengikuti Audisi Umum Djarum ini. Jumlah 871 peserta di Karanganyar merupakan angka tertinggi kedua selama gelaran Audisi Umum 2018.

"Pencapain ini sangat luar biasa, jauh melampaui angka Audisi Umum setahun sebelumnya yang lebih dari 600 peserta. Artinya, api semangat bulu tangkis ini semakin meningkat," kata Abraham.

Di sisi lain, Abraham menambahkan Audisi Umum kali ini sudah melekat dengan para pelatih maupun orang tua peserta. Karena itu, ia yakin, dengan pencapain ini regenerasi akan terus berjalan.

"Mata rantai bulu tangkis Indonesia akan tetap ada dengan munculnya atlet-atlet muda."

Nantinya setelah Audisi Umum di Solo Raya, PB Djarum bakal melanjutkan acara di Kota Kudus. Para atlet yang berhasil lolos seleksi akan melaju ke babak Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis, di GOR Djarum, Jati, Kudus, pada 7-9 September 2018.

Pada tahap final bibit-bibit unggul tersebut kembali berkompetisi dengan para atlet dari kota-kota lainnya sebelum akhirnya diumumkan siapa saja yang resmi diterima menjadi atlet PB Djarum.

Berikut total jumlah peserta yang lolos ke tahap turnamen:

U-11 Putra: 16 peserta

U-11 Putri: 8 peserta

U-13 Putra: 16 peserta

U-13 Putri: 8 peserta

U-15 Putra: 16 peserta

U-15 Putri: 8 peserta 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement