Senin 06 Aug 2018 12:35 WIB

Lemah Baca Permainan, Alasan Barcelona Lepas Mina ke Everton

Barca tak mau ambil risiko dalam proyek jangka panjang untuk posisi penting.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Yerry Mina
Foto: EPA-EFE/Sebastiao Moreira
Yerry Mina

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Setelah mendatangkan Lucas Digne pada 1 Agustus 2018 lalu, Everton juga mendatangkan pemain lini belakang Barcelona lainnya, yakni Yerry Mina. Dilansir dari Sport, Senin (6/8), Mina dikabarkan dibeli dengan nilai transfer sebesar 32 juta euro oleh Everton.

Mina yang baru bergabung dengan Barcelona pada bulan Januari lalu tidak dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tim raksasa Katalan. Dibeli dengan nilai transfer sebesar 11,8 juta euro dari Palmeiras, kabarnya Mina tidak memenuhi standar di lini belakang Barcelona.

Namun, pemain berusia 23 tahun tersebut cukup berbakat bagi pemain seusianya. Keberanian maju ke depan, tackling yang rapi, dan operan yang tepat sasaran menjadi kekuatan terbesar Mina. Ia hanya lemah dalam membaca arah permainan. Ini membuat pemain asal Kolombia tersebut kesulitan beradaptasi di Barcelona. Operan-operannya juga kurang dalam ketika melakukan penetrasi ke area pertahanan lawan.

Meski sirkulasi pengusaan bola Yerry Mina lancar mengalir, tetapi sepertinya Barcelona tidak mau mengambil risiko. La Blaugrana tidak mau mengambil risiko dalam proyek jangka panjang untuk posisi penting, seperti bek tengah walaupun Mina memiliki potensi menjadi bek papan atas.

Mina akan lebih cocok ke tim yang bermain dengan cara yang tradisional. Tim yang tidak menitikberatkan pada penguasaan bola dan membutuhkan lini-belakang yang dapat mengoper serta membawa bola ke depan untuk menyerang seperti Barcelona.

Kemampuan Yerry Mina pun dibuktikan di Piala Dunia 2018. Di Rusia, Mina mencetak tiga gol berturut-turut yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak untuk Kolombia dalam turnamen terbesar sejagat tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement