Senin 06 Aug 2018 21:29 WIB

Borneo FC Kembali Tundukkan Mitra Kukar pada Derbi Mahakam

Kemenangan dari Mitra kali ini mengantarkan Pesut Etam ke peringkat kedelapan.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Liga 1
Foto: Ist
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA — Borneo FC mengulangi sukses derbi Mahakam dengan mengalahkan Mitra Kukar 3-2 pada laga pekan ke-19 Liga 1 2018 di Stadion Batakan, Balikpapan, Senin (6/8). Pada pertemuan pertama Maret lalu, Borneo FC menang 1-0 di markas Naga Mekes.

Kemenangan dari Mitra kali ini mengantarkan Pesut Etam ke peringkat kedelapan klasemen sementara Liga 1 dengan nilai 28 angka. Adapun Mitra tetap tertahan di tangga ke-14 dengan nilai 23, terpaut tiga angka dari tim zona degradasi PSIS Semarang di peringkat ke-16 dengan nilai 20.

Kedua kesebelasan bermain ketat dengan saling menekan pada awal-awal laga. Namun Borneo beruntung berhasil membuka keunggulan lewat gol bunuh diri gelandang Lutfi Kamal Baharsyah. Mencoba mengahalau bola tendangan jarak jauh lawan, Lutfi justru membelokkan bola ke sudut jauh gawang yang membuat kiper Yoo Jaehoon mati langkah.

Mitra mencoba melawan. Upaya menyamakan kedudukan terwujud pada menit ke-37. Berawal dari sepak pojok, Fernando Rodriguez memanfaatkan bola liar di depan gawang Nadeo Winata dengan tandukan.

Namun hasil imbang tersebut tak bertahan lama. Selang satu menit Borneo kembali unggul setelah Wildansyah menaklukkan Yoo untuk kali kedua. Wildansyah tak terjaga saat menyongsong sepak pojok dan dengan mudah membawa Boreno FC unggul 2-1 hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Mitra tancap gas mengejar skor. Babak kedua baru berjalan empat menit, gelandang serang Andre Agustiar berhasil menjebol gawang Borneo. Ia menyambar bola halauan tak sempura bek Borneo FC di kotak penalti dengan tendangan melengkung. Bola sebenarnya bisa ditepis Nadeo, tapi tetapi melaju menembus gawang Borneo FC. 

Upaya kedua tim untuk menambah gol tak kunjung tercipta. Pelatih anyar Mitra Kukar Rahmad Darmawan kemudian memasukkan Wiganda Pradika pada menit ke-67 menggantikan Zulchrizal Abdul Gamal. Dejan Antonic meresponsnya dengan memasukkan Sultan Samma menggantikan Titus Bonai semenit berselang.

Ternyata, pergantian Dejan lebih efektif. Baru tiga menit di lapangan, Sultan Samma membawa Borneo FC kembali memimpin. Tandukan Matias Conti diteruskannya dengan sundulan dari jarak dekat yang tak mampu ditahan Yoo.

Para penggawa Mitra tak mampu membalas meskipun telah mendapatkan lima menit injury time. Skor 3-2 mengakhiri laga.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement