Selasa 07 Aug 2018 19:09 WIB

Tinggalkan City, Joe Hart Merapat ke Burnley

Burnley mengucurkan 3,5 juta pound untuk mendaratkan eks kiper timnas Inggris ini.

Joe Hart.
Foto: EPA/Andy Rain
Joe Hart.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City akhirnya melepas Joe Hart secara permanen. Hart akan membela Burnley pada musim 2018/2019 setelah resmi dikontrak selama dua musim pada Selasa (7/8). Burnley mengucurkan 3,5 juta pound untuk mendaratkan eks kiper timnas Inggris ini.

Pelatih Burnley Sean Dyche membutuhkan kehadiran Hart. Sebab kiper Nick Pope dan Tom Heaton belum bisa merumput akibat cedera.

Hart, 31, telah bermain untuk Inggris sebanyak 75 kali. Ia membuat hampir 350 penampilan untuk City, memenangkan dua gelar Liga Primer Inggris dan satu Piala FA.

City mendatangkan Hart dari Shrewsbury Town pada 2006. Hart dipinjamkan ke Tranmere Rovers dan Blackpool pada 2007 dan Birmingham City pada musim 2009/2010. Ia kemudian menjadi kiper utama City sejak 2010 sampai Pep Guardiola datang pada 2016. 

Guardiola tak terkesan dengan performa Hart. City meminjamkan sang kiper ke Torino selama semusim. Musim lalu, Hart kembali dipinjamkan, kali ini ke West Ham United. Hingga akhirnya City menjualnya ke Burnley

Baca juga: 7 Pemain di Liga Inggris yang Mungkin Segera Pindah Klub

"Kontribusi Joe Hart ke Manchester City tidak bisa dilebih-lebihkan," kata ketua City, Khaldoon Al Mubarak, dikutip BBC.

Ia mengatakan, Harta memberikan kontribusi maksimal selama 12 tahun bersama City. Al Mubarak menegaskan, kenangan yang ditinggalkan Hart akan bertahan lama di benak fan City.

"Dia akan dianggap sebagai legenda City selamanya," kata Al Mubarak.

Hart hanya membuat satu penampilan untuk City setelah Guardiola menjadi manajer pada tahun 2016. Dia juga tak masuk dalam skuat Inggris besutan Gareth Southgate pada Piala Dunia 2018.

Hart adalah penandatanganan musim panas kedua Burnley setelah bek tengah Ben Gibson.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement