Rabu 08 Aug 2018 05:00 WIB

Bepe: Biarkan Bagus Kahfi Berkembang tanpa Tekanan

Bagus kini memuncaki daftar pencetak gol Piala AFF U-16 dengan raihan 11 gol.

Selebrasi Amirudin Bagus Kahfi (tengah) setelah mencetak gol.
Foto: Zabur Karuru/Antara
Selebrasi Amirudin Bagus Kahfi (tengah) setelah mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan striker tim nasional (timnas) Indonesia Bambang Pamungkas meminta khalayak untuk memberikan kesempatan penggawa timnas Indonesia U-16 Bagus Kahfi berkembang tanpa dibebankan tekanan berlebih. Bagus menjadi sorotan dalam fase penyisihan grup Piala AFF U-16 setelah meraih posisi top skorer sementara ajang kelompok umur di bawah usia 16 tahun tersebut.

"Bagi saya, pressure kadang bikin talenta jadi seperti yang tidak diinginkan. Saran saya, biarkan mereka berkembang," kata pria yang akrab disapa Bepe itu saat dimintai komentar terkait penampilan cemerlang Bagus yang diperlihatkan di fase penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Sidoarjo, Jawa Timur, 31 Juli-6 Agustus, Selasa (7/8).

Bagus kini memuncaki daftar pencetak gol Piala AFF U-16 dengan raihan 11 gol. Ia memastikan diri melampaui rekor raihan gol terbanyak sepanjang turnamen yang sebelumnya dipegang dua pemain Australia, Marc Moris dan John Roberts, yang masing-masing mencetak delapan gol pada edisi 2015 serta 2016.

photo
Bambang Pamungkas

Menariknya, Bagus juga mengenakan nomor punggung 20 di timnas Indonesia U-16. Nomor punggung 20 menjadi ciri khas Bepe yang selalu dikenakan baik saat membela timnas Indonesia maupun di level klub.

Bepe menilai capaian Bagus tersebut memperlihatkan Indonesia memiliki banyak potensi di cabang olahraga terpopuler. Namun selain dukungan harus ada pengawalan agar hal tersebut bisa diterjemahkan di level senior.

"Banyak talenta Indonesia yang nggak kalah dengan negara lain, tapi kita tidak bisa mengawal dia supaya tetap jadi di level senior. Perlu perjuangan, pengorbanan sampai mereka menikmati jadi level yang kita inginkan," kata Bepe. "Ada potensi di sana, kita dukung. Suatu saat nanti mereka bisa membuat kita bangga."

Bagus masih berpeluang untuk mempertajam rekor catatan golnya di Piala AFF U-16, mengingat Indonesia melaju ke babak semifinal. Laga semifinal Indonesia akan berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8) sore. Jika melaju, Indonesia akan tampil di final pada Sabtu (11/8).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement