Kamis 09 Aug 2018 11:37 WIB

Donnarumma Aman dari Kejaran Klub Lain

Milan juga memasang klausul pelepasan untuk Donnarumma senilai 70 juta euro.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Gianluigi Donnarumma
Foto: EPA/Daniel Dal Zennaro
Gianluigi Donnarumma

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan cukup aman dari urusan menjaga kiper 18 tahun Gianluigi Donnarumma pada jendela transfer musim panas ini. Beda dengan musim lalu, agen Donnarumma, Mino Raiola sibuk menawarkan kliennya ke klub lain yang siap memberinya gaji lebih tinggi.

Tahun lalu, usia Gigio masih di bawah 18 tahun sehingga ia masih belum dikontrak secara profesional. Saat itu, gaji Gigio hanya 160 ribu euro per tahun.

Gigio sempat tergoda pindah ke klub lain seiring keberhasilan Raiola menarik minat dari Paris Saint Germain (PSG) yang siap memembuatnya masuk ke dalam jajaran kiper dengan gaji tertinggi di dunia. Saat pembahasan masih bergulir, Donnarumma sempat diteror oleh Milanisti. Bahkan saat pertandingan uji coba tahun lalu, Donnarumma disindir dengan cara gawangnya ditaburi ratusan uang palsu.

Donnarumma bahkan sempat terpukul dengan kejadian itu dan membuat ia berpikir sebaiknya hengkang dari Il Diavolo Rosso. Tapi CEO Milan musim lalu Marco Fassone akhirnya menemukan kata sepakat dengan perwakilan Donnarumma. Dibumbui pendekatan ke keluarga, Milan menaikkan gaji Donnarumma menjadi 6 juta euro per tahun dan dipagari dengan kontrak profesional jangka panjang.

Selain itu, Milan juga memasang klausul pelepasan untuk Donnarumma senilai 70 juta euro. Sehingga, Raiola juga kesulitan untuk sembarangan menawarkan Gigio ke klub lain. Kemudian klub peminat utama Gigio, PSG juga sementara melupakan niat membeli kiper asal Napoli itu karena kedatangan senior Gigio, Gianluigi Buffon.

Juventus yang semula menarget Donnarumma juga puas dengan kedatangan kiper muda Italia lainnya Mattia Perin. "Klub lain tak mau lagi mengincar Donnarumma. Harganya terlalu tinggi untuk ukuran pemain muda," tulis Calciomercato, dikutip pada Kamis (9/8).

Kini, manajemen Milan telah berganti seiring akuisisi Elliot Management terhadap saham pengusaha Cina Li Yong Hong. Fassone dipecat bersamaan dengan tangan kanannya Massimiliano Mirabelli.

Elliot memberikan jabatan presiden yang sebelumnya dijabat Li kepada Paolo Scaroni. Posisi direktur umum dijabat oleh mantan direktur Milan di era Silvio Berlusconi Leonardo Araujo. Legenda Milan Paolo Maldini pun kini diberi jabatan sebagai direktur pengembangan.

Tetapi, perubahan manajemen tetap membuat klausul Donnarumma tak berubah. Donnarumma tetap dibanderol 70 juta euro. Dan klub lain tentu harus berani menawarkan gaji di atas 6 juta euro kepada Donnarumma.

Donnarumma digadang-gadang akan jadi aset masa depan buat Milan dan timnas Italia. Kini, Buffon sudah pensiun setelah dua dekade menjadi orang nomor satu di bawah mistar Gli Azzurri. Banyak yang memprediksi Donnarumma akan mengambil tongkat estafet dari Buffon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement