Ahad 12 Aug 2018 19:55 WIB

Indonesia Muda Juara, Semua Bersuka Cita

Ucapan selamat juga diberikan oleh pelatih timnas Indonesia senior, Luis Milla.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (kedua kanan) mengalungkan medali kepada pesepak bola Indonesia U-16 usai pertandingan Final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8).
Foto: ANTARAFOTO
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (kedua kanan) mengalungkan medali kepada pesepak bola Indonesia U-16 usai pertandingan Final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2018 dengan menumbangkan Thailand lewat adu penalti. Ucapan selamat untuk skuat Muda Indonesia pun berdatangan dari berbagai kalangan, tak terkecuali pemain dan pelatih sepak bola senior.

Pada laga yang berlangasung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8) lalu, pasukan Fakhri Husaini berhasil memupuskan asa Thailand untuk mendapatkan gelar Piala AFF U-16 2018. Di waktu normal, Indonesia bermain imbang 1-1.

Tim Garuda Muda berhasil mencuri keunggulan terlebih dahulu, yakni pada menit ke-33. Sontekan ciamik Muhammad Fajar Fathur Rachman meneruskan umpan sang kapten, David Maulana, membobol gawang tim Gajah Putih Muda.

Keunggulan tersebut terus berlangsung hingga 40 menit babak pertama usai. Pada babak kedua, delapan menit sebelum waktu normal usai, di menit ke-72, Thailand berhasil menyamakan kedudukan.

Apidet Janngam berhasil lolos dari posisi offside untuk menceploskan bola ke gawang yang dikawal oleh Ernando Ari Sutaryadi. Skor tersebut bertahan hingga babak kedua usai dan pertandingan dilanjutkan ke babak penalti.

Empat penendang penalti Indonesia, Sutan Zico, Amiruddin Bagus, Rendy Juliansyah, dan David Maulana berhasil menceploskan bola ke gawang Thailand. Sementara Thailand hanya mampu menyarangkan tiga bola, dua lainnya dapat ditepis oleh kiper Indonesia Ernando.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Fakhri mengucap rasa syukurnya karena telah diberikan kemenangan. Menurutnya, kemenangan ini berkat andil seluruh pemainnya, bukan hanya penendang penalti atau kiper. "Semua ikut andil dalam kemenangan ini. Ini karena persiapan latihan, kami berlatih tendangan penalti. Sehingga itu menjadi salah satu bekal menang kami malam ini," ujarnya usai pertandingan.

Pahlawan Indonesia pada babak adu penalti, Ernando, juga menyatakan kebanggaannya atas kemenangan tersebut. Pemain dari PPLP Jateng ini pun mengatakan, dua tendangan penalti yang ia tepis benar-benar karena instingnya sebagai seorang penjaga gawang. "Saya mempelajarinya semua ini dalam latihan kami sebelum bertanding," ujar dia.

Melihat prestasi yang ditorehkan anak-anak muda Indonesia, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi turut mengucapkan selamat kepada seluruh penggawa tim nasional Indonesia U-16. Kendati demikian, ia mengingatkan para pemain untuk tak lekas merasa puas.

"Selamat kepada pemain dan tim pelatih. Hasil ini tentu sangat membanggakan. Namun, jangan cepat puas karena perjuangan pemain masih panjang. Semoga ini bisa memotivasi semua atlet Indonesia,” kata gubernur terpilih provinsi Sumatra Utara itu.

Di sisi lain, pemain senior dan juga legenda tim nasional Indonesia, Bambang Pamungkas, juga mengucapkan selamat kepada junior-juniornya itu melalui akun Twitternya. Ia mencuit singkat sesaat setelah para juniornya itu memastikan kemenangan.

"Selamat INDONESIA," ketiknya dengan lambang bendera Indonesia yang diapit dua simbol tangan yang mengepal. Hingga Ahad (12/8) petang, cuitan tersebut disukai oleh 1.500 warganet dan dirituit oleh 1.700 warganet.

Ucapan selamat juga diberikan oleh pelatih timnas Indonesia senior, Luis Milla. Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut menuliskan ucapan kepada para pelatih, staf, dan pemain timnas U-16.

"Champions!!! Congratulations to the coach, staff and all the players!! Well done guys!! (Juara!! Selamat untuk pelatih, staf, dan semua pemain!! Hasil yang bagus!!)," cuitnya yang diretweet oleh akun Twitter resmi PSSI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement