Rabu 15 Aug 2018 13:05 WIB

Pembalap F1 Fernando Alonso Pensiun di Akhir Musim

Juara dunia dua kali tersebut akan mengakhiri kariernya sebagai pembalap McLaren.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Fernando Alonson
Foto: REUTERS/Sergio Perez
Fernando Alonson

REPUBLIKA.CO.ID, WOKING -- Pembalap Formula 1 (F1) Fernando Alonso telah mengumumkan akan pensiun pada akhir musim 2018. Juara dunia dua kali tersebut akan mengakhiri kariernya sebagai pembalap McLaren setelah menjadi pembalap jet darat selama 17 tahun.

Mengawali kariernya di Minardi pada tahun 2001 di Grand Prix Australia, Alonso memutuskan untuk keluar dari lintasan di usia 37 tahun. Kariernya paling cemeelang pada tahun 2005 dan 2006 ketika menjadi juara dunia dua kali berturut-turut. 

"Setelah 17 tahun yang indah di olahraga yang luar biasa, kini waktunya bagi saya untuk melakukan perubahan dan bergerak maju," kata Alonso seperti dilansir dari BBC, Rabu (15/8).

Pembalap asal Spanyol tersebut dikenal sebagai salah satu pembalap terbaik sepanjang sejarah. Pada tahun lalu, Alonso sempat mengikuti balapan Indianapolis 500. Kala itu ia juga berjanji untuk kembali balapan di ajang tersebut suatu saat nanti.

Pada tahun 2018 ini Alonso juga mengikuti dua balapan World Endurance Champions (WEC) yakin balapan 6 jam Spa-Francorchamps dan 24 jam Le Mans. Tapi belum diketahui apakah Alonso akan pindah ke Indianapolis 500 atau WEC setelah pensiun dari F1 nanti.

"Saya membuat keputusan ini beberapa bulan lagi dan sudah yakin, masih ada beberapa grand prix lagi di musim ini. Saya akan menjadi bagian di dalamnya dengan komitmen dan hasrat yang lebih besar daripada sebelumnya," kata Alonso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement