Jumat 17 Aug 2018 07:45 WIB

La Liga Rencanakan Gelar Pertandingan di AS

Namun rencana ini mendapat kritikan dari asosiasi pesepak bola Spanyol

Javier Tebas.
Foto: EPA-EFE/Víctor Lerena
Javier Tebas.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Badan organisasi Liga Spanyol mengumumkan rencana memainkan pertandingan-pertandingan reguler di AS pada masa yang akan datang. Klub-klub dan liga-liga Eropa telah meningkatkan kehadiran mereka di AS pada beberapa tahun terakhir, ketika mereka mengincar ceruk pasar olahraga yang lebih luas di negara itu.

"La Liga, kompetisi sepak bola papan atas Spanyol, dan Relevent, grup media multinasional, olahraga, dan hiburan, pada hari ini mengumumkan semacam kerja sama patungan 15 tahun untuk pertama kali untuk mempromosikan sepak bola di AS dan Kanada," kata pernyataan itu, Kamis (16/8).

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, La Liga berencana menghadirkan pertandingan klub musim reguler ke AS. Hal ini akan menjadi yang pertama kalinya La Liga dimainkan di luar Eropa.

La Liga tidak memberikan detail apapun mengenai kapan pertandingan pertama di AS berlangsung.

Kendati demikian, rencana tersebut mendapat kritikan dari persatuan pesepak bola Spanyol (AFE). Mereka mengkritik Liga yang tidak berkonsultasi lebih dulu dengan para pemain.

"Seperti biasa, Liga Spanyol mengabaikan opini para pemain dan mengkompromikan mereka dengan tindakan-tindakan yang hanya memberikan manfaat kepada liga, tanpa memperlihatkan pertimbangan apapun untuk kesehatan para pemain dan kurangnya sentimen para penggemar klub," demikian bunyi pernyataan dari organisasi.

David Aganzo, kepala AFE, menambahkan, para pesepak bola bukan mata uang yang dapat digunakan pada kesepakatan-kesepakatan bisnis yang hanya menguntungkan pihak ketiga.

Presiden Liga Spanyol Javier Tebas kerap berbicara dalam banyak kesempatan mengenai hasratnya untuk memainkan pertandingan-pertandingan reguler di luar Spanyol, dan meniru kebijakan sukses NFL di London sejak 2007.

"Kami setia untuk menumbuhkan gairah sepak bola di seluruh dunia. Kesepakatan yang menggemparkan ini tentu untuk memberikan impuls besar kepada popularitas permainan sepak bola yang indah di AS dan Kanada," kata Tebas.

Pada awal bulan ini, Piala Super Spanyol, pertandingan tahunan pembukaan musim antara juara liga dan Piala Raja, dimainkan di luar negeri untuk pertama kalinya, di mana Barcelona menang 2-1 atas Sevilla di Tangier, Maroko.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement