Selasa 21 Aug 2018 06:11 WIB

Klopp Beri Menu Latihan Khusus ala Rugby untuk Alisson

Pola latihan ini untuk membuat Alisson agar lebih siap dalam tekanan.

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah
Alisson (kuning) membuat penyelamatan saat Liverpool menghadapi Crystal palace, Selasa (21/8) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Alisson (kuning) membuat penyelamatan saat Liverpool menghadapi Crystal palace, Selasa (21/8) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp memberikan menu latihan ala rugby kepada kiper Alisson Becker. Klopp mengatakan, pola latihan ini untuk membuat Alisson agar lebih siap dalam tekanan.

Alisson, yang merupakan kiper pilihan pertama timnas Brasil, memiliki debut yang lumayan mulus di Liga Primer Inggris saat melawan West Ham United pekan lalu. Tetapi saat ini ia sedang diberikan pelatihan yang berbeda. Alisson harus mengantisipasi bola tendangan bebas dengan pemain memenuhi kotak 16.

"Ini bukan rugby, ini latihan untuk penjaga gawang. Ketika Loris (Karius) datang, dia melakukannya, dan tentu saja, Alisson juga melakukannya,” kata Klopp dikutip Sky Sports, Senin (20/8).

Menurutnya ini adalah latihan yang normal untuk seorang kiper dan masuk akal. Sebab, kata Klopp, area kotak pinalti tidak selamanya aman bagi seorang penjaga gawang. Terkadang akan terjadi benturan yang mungkin dapat melukai kiper

"Kami selalu menghadapi situasi ini saat berlatih, ketika kami mengatur bagian dan kotak itu penuh dengan 22 pemain. Mungkin 22 terlalu banyak, tapi pastinya akan ada 15 pemain,” kata Klopp.

Pelatih asal Jerman ini mengungkapkan, sering memberikan menu latihan ini sehingga kiper tim asuhannya terbiasa. Menurut Klopp, semuanya tentang waktu. Ia mengaku akan terus memantau perkembangan Alisson. Tapi, pertama-tama, kami membawanya ke sini karena hal-hal yang sudah dia kuasai," kata Klopp mengingatkan kemampuan eks penjaga gawang AS Roma itu.

Alisson tiba dari Roma musim panas ini. Klopp bersikeras Alisson tidak perlu mengubah gaya permainannya. Klopp mengatakan, tim pelatih hanya berupaya membantunya cepat beradaptasi dan mampu menangani berbagai situasi di lapangan.

"Tidak hanya satu pemain yang bertanggung jawab atas sesuatu. Kami harus memiliki formasi yang tepat menyusun strategi. Ini bukan semata-mata tentang Alisson, tetapi seluruh tim," katanya membuang tekanan dari pundak kiper berharga 75 juta euro ini.

Liverpool saat ini menempati posisi kedua Liga Primer Inggris dengan nilai enam, hanya kalah selisih gol dari Manchester City di puncak. The Reds meraih tiga poin pada laga kedua setelah menaklukkan Crystal Palace 2-0 di Selhurst Park, Selasa (21/8) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement