Rabu 05 Sep 2018 02:10 WIB

Haornas Momentum Kuatkan Masyarakat Berolahraga

Kemenpora punya Liga Sepak Bola Pelajar U-14 dan U-16 Piala Menpora 2018.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta.
Foto: Dok Kemenpora
Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lapangan Gelora Kieraha Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menjadi pusat berlangsungnya perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 pada 9 September. Dengan mengusung tema "Ayo Olahraga Membangun Indonesia", perayaan Haornas rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta mengatakan, Haornas merupakan pestanya olahraga Indonesia. Tidak hanya berpesta, pihak Kemenpora juga berupaya menguatkan masyarakat untuk semakin gemar berolahraga dari segala lapisan usia. 

"Kalau sudah senang berolahraga, maka otomatis bibit akan mudah didapat untuk terus membangun olahraga Indonesia ke depannya," kata Isnanta, Selasa (4/9).

Kemenpora merangsang induk organisasi olahraga membina para atlet sekaligus juga menggelar sejumlah kegiatan untuk menjaring bibit-bibit muda. Di sepak bola misalnya, Kemenpora punya Liga Sepak Bola Pelajar U-14 dan U-16 Piala Menpora 2018. Ajang ini menjadi wahana menjaring bibit potensial. Isnanta mengatakan, tak sedikit terjaring bibit-bibit muda pesepak bola Indonesia melalui ajang ini.

Sejak pertama kali digelar pada 2014, Liga Sepak Bola Pelajar U-14 telah menunjukkan hasil yang signifikan. 

"Contohnya para pemain hasil pemantauan bakat pada kompetisi 2017 yang berlangsung di Magelang. Banyak yang diminta oleh pelatih timnas U-16 PSSI, Fakhry Husaini untuk memperkuat timnas U-16 pada Piala AFF U16 di Sidoarjo. Alhamdulillah mereka berhasil menjadi juara Piala AFF 2018," kata Isnanta.

Selain memberikan wadah kompetisi, sambung Isnanta, Kemenpora juga berkomitmen mengawal kelanjutan masa depan para pemain. Caranya bekerja sama dengan pemandu bakat dari luar negeri yang berafiliasi dengan klub-klub profesional di luar negeri. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kesenjangan pembinaan dari fase junior menuju senior.

Isnanta mengemukakan Haornas menjadi tempat apresiasi tertinggi insan sepak bola yang berprestasi baik di level nasional maupun internasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate Sukarjan Hirto menyatakan daerahnya siap menggelar Haornas 2018 ini. Berbagai infrastruktur pun telah dibenahi guna menyambut insan olahraga baik dari nusantara maupun dari mancanegara.

Ia mengatakan penyambutan kehadiran ribuan tamu harus disiapkan secara matang, mulai ketersediaan tempat penginapan mulai dari hotel hingga transportasi seperti bus yang disediakan bagi tamu. "Untuk persiapan menyambut para tamu sudah dipersiapkan lebih awal dan Ternate akan menjadi salah satu kota yang tersibuk, dikarenakan bakal banyak kedatangan tamu baik dari dalam maupun luar negeri," ujarnya.

Dalam rangkaian Haornas 2018 ini juga menyertakan pameran olahraga. Salah satu program unggulan Kemenpora di bawah komando Menpora Imam Nahrawi bertajuk Sepeda Nusantara serta kegiatan obor Asian Para Games dalam menyambut pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas pada awal Oktober mendatang. Kegiatan Obor Asian Para Games dan Sepeda Nusantara akan dilaksanakan di dua tempat berbeda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement