Rabu 05 Sep 2018 09:47 WIB

Ini Rahasia Marquez Hindari Cedera Selama Balapan

Marquez melakukan peregangan sebelum balapan.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endro Yuwanto
Marc Marquez
Foto: EPA/Noushad Thekkail
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, MISANO -- Bintang MotoGP Marc Marquez sepanjang kariernya sering mengalami insiden di lintasan. Namun, tidak satu pun insiden tersebut yang membuatnya cedera parah.

Marquez berhasil menyelamatkan kemenangan dengan cara mengagumkan saat balapan di GP Valencia 2017. Dia mengukuhkan gelar juara dunia keempat untuk MotoGP dan keenam secara keseluruhan. Apa rahasia Baby Alien?

"Biasanya sebelum naik motor, pembalap melakukan peregangan. Saya juga melakukan hal sama untuk melampaui batas ketika balapan. Jika tubuh sudah panas setelah peregangan, saat jatuh rasanya lebih baik, dan risiko cederanya rendah. Jika Anda mengendarai sepeda motor, lengan adalah bagian terpenting dari tubuh Anda. Jadi, selamatkan bagian itu," kata Marquez dilansir dari Speedweek, Rabu (5/9).

Cal Crutchlow, rekan Marquez di tim satelit LCR Honda mengaku, ia selalu rutin melihat Marquez melakukan peregangan sebelum balapan. Namun, Cructhlow mengaku tak berani jatuh dalam posisi duduk atau posisi dengan lengan tersimpan seperti Marquez sebab khawatir ligamennya cedera.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi mengiyakan peregangan sangat penting agar tubuh fleksibel. Peregangan juga sangat penting untuk pembalap senior seperti Rossi. "Saya juga banyak melakukan peregangan. Saya sering melakukannya di rumah dan selalu melakukannya di trek sebelum naik motor," ujarnya.

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro mengaku kurang suka terlalu banyak peregangan. Meski demikian, dia harus melakukannya. "Saya ini cukup tinggi, jadi harus melakukan peregangan dengan baik. Saya juga melakukannya di rumah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement