Kamis 06 Sep 2018 15:01 WIB

Atletik Optimistis Raih Minimal 3 Emas di Asian Para Games

Sebab, berdasarkan limit yang ada, ketiga nomor di atas jauh unggul di atas lawannya.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para atlet para atletik Indonesia berlatih jelang berlaga di Asian Para GAmes 2018.
Foto: REPUBLIKA/Fitriyanto
Para atlet para atletik Indonesia berlatih jelang berlaga di Asian Para GAmes 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Cabang atletik optimistis meraih minimal tiga medali emas pada ajang Asian Para Games 2018. Tiga medali emas tersebut diprediksi akan datang dari lari 100 meter putra T37, lari 100 meter T42, dan tolak peluru putri T20.

Pengurus National Paralympik Comittee (NPC) Indonesia yang membawahi para atletik, Slamet Widodo, menyatakan, untuk tiga medali emas tersebut bisa dibilang peluangnya 100 persen. Asalkan tidak ada kejadian luar biasa. Sebab, berdasarkan limit yang ada, ketiga nomor di atas jauh unggul di atas lawannya nanti.

"Kita menurunkan total 44 atlet pada Asian Para Games 2018. Prediksi tiga emas akan dapat melalui lari 100 meter T37 putra melalui Sapto Yogo Purnomo, 100 meter T42 putri, Karisma Evi Tiarani, serta tolak peluru T20 putri, Suparniati" jelas Slamet di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Kamis (6/9).

Slamet menjelaskan keyakinannya melihat catatan waktu terakhir. Catatan waktu atlet Indonesia, kata dia,  jauh melampaui lawan. 

"Jika tidak ada halangan besar pasti kita dapat emas dari nomor tersebut," kata dia.

Selain  tiga emas, Slamet juga yakin ada tambahan medali emas lainnya. Namun peluangnya masih fifty-fifty

Karisma Eva Tiarani meski ditargetkan meraih emas. Namun gadis berusia 17 tahun yang masih duduk di kelas 3 SMA, 8 Surakarta ini tidak merasa dibebani target.

"Target ini menandakan bahwa saya dipercaya. Hal ini justru memotivasi saya untuk menghasilkan yang terbaik" ujarya.

Saat ini catatan waktu terbaik Karismauntuk jarak 100 meter adalah 14,89 detik, sedangkan pesaing terberatnya di atas 16 detik. Jadi secara perhitungan, peluang emas sangat terbuka.

Selain di nomor lari , Karisma juga akan turun di nomor lompat jauh. Namun untuk nomor ini tidak ditargetkan emas. "Mohon doanya saja agar bisa mendapat hasil terbaik nantinya," kata dia.

Asian Para Games 2018 akan digelar 6-13 Oktober 2018. Sebanyak 2.888 atlet disabilitas dari 41 Negara akan bersaing untuk memperebutkan 568 medali emas.

Sebanyak 18 cabor yang dipertandingkan yakni para atletik, panahan, badminton, boccia, catur, cycling, goalball, judo, lawn bowls, para powerlifting, menembak, renang, boling, tenis meja, voli duduk, basket, anggar, tenis kursi roda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement