Jumat 07 Sep 2018 20:03 WIB

Gebyar Haornas, Gong Pembuka Rangkaian Perayaan Haornas 2018

Pemukulan tifa yang dilakukan oleh Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman (keempat kiri) bersama Deputi III Kemenpora Raden Isnanta (tengah) saat membuka Gebyar Haornas di Dhuafa Center, Ternate, Jumat (7/9).
Foto: Dok Kemenpora
Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman (keempat kiri) bersama Deputi III Kemenpora Raden Isnanta (tengah) saat membuka Gebyar Haornas di Dhuafa Center, Ternate, Jumat (7/9).

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Puncak perayaan Hari Olaharga Nasional (Haornas) 2018 akan berlangsung di Kota Ternate, Maluku Utara, Ahad (9/9). Menjelang acara yang mengambil tema "Ayo Olahraga Bangun Indonesia" di Gelora Kie Raha tersebut, Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) dan Pemkot Ternate menggelar Gebyar Haornas di Dhuafa Center, Ternate, Jumat (7/9). 

Pemukulan tifa yang dilakukan oleh Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman bersama Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dan pejabat setempat menandai dibukanya Gebyar Haornas 2018. Dalam sambutannya, Burhan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kemenpora kepada Ternate menggelar rangkaian perayaan Haornas 2018.

"Itu suatu kepercayaan dan tanggung jawab besar yang harus kami laksanakan. Kami yakin kesempatan ini akan membuat masyarakat Ternate giat berolahraga," kata dia. 

Terpilihnya Ternate menggelar perayaan Haornas ke-35 menjadi sejarah baru. Untuk kali pertama perayaan Haornas digelar di Pulau Jawa.

Isnanta pun mengapresiasi kerja keras Pemkot Ternate untuk merealisasikan acara ini dengan baik. Ia mengatakan, Haornas 2018 terasa spesial karena berlangsung di tengah dua event besar olahraga nasional. Pertama Asian Games 2018 yang baru usai dan Asian Para Games 2018 yang akan digelar pada awal Oktober.

"Ini menjadi momen terbaik untuk mengevaluasi olahrahga Indonesia," kata dia.

Isnanta mengatakan, Kemenpora ingin olahraga berkontribusi untuk membangun semua lini kehidupan berbangsa.

Gebyar Haornas ini diisi pameran yang diikuti 40 stan yang memenuhi Gedung Dhuafa Center. Pada Sabtu (8/9) hingga puncak acara Ahad (9/9) akan diperkenalkan olahraga tradisional, seminar, senam lansia, dan Sepeda Nusantara yang kegiiatannya tak hanya berlangsung di Ternate namun juga Tidore. 

Satu acara besar yang juga berlangsung dalam rangkaian perayaan Haornas 2018 ini adalah pawai obor api Asian Para Games 2018. Api yang dibawa dari Mrapen dengan lentera ini nantinya akan dinyalakan di Gelora Kie Raha, bertepatan dengan puncak Haornas 2018 yang akan dimeriahkan artis Ibu Kota, seperti Yopie Latul, Cakra Khan dan Seventeen Band.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement