Sabtu 08 Sep 2018 10:54 WIB

Tiger Woods tidak Diajak Iklan Nike yang Bikin Trump Marah

Tiger Woods telah disponsori Nike sejak 1996,

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Didi Purwadi
Tiger Woods
Foto: REUTERS
Tiger Woods

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA -- Pegolf profesional Amerika Serikat (AS), Tiger Woods, mengaku tidak mengetahui apabila iklan Nike yang dinarasikan oleh mantan pemain belakang klub NFL San Francisco, Colin Kaepernick, menjadi kontroversi. Pun ia mengaku tidak tahu jika Nike membuat iklan kontroversial tersebut.

''Mereka tidak memberi tahu saya bahwa itu akan ada. Ketika perusahaan melakukan hal-hal yang di luar golf dan di luar wilayah saya, itulah yang mereka lakukan,” kata Woods, yang telah disponsori Nike sejak 1996, Jumat (7/9).

Nike diprotes karena menempatkan Kaepernick sebagai tokoh utama dalam iklan tersebut. Kaepernick sebelumnya telah memicu debat nasional karena berlutut satu kaki ketika lagu kebangsaan dikumandangkan. Ia selalu melakukannya setiap kali akan memulai pertandingan musim NFL 2016 untuk memprotes ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi.

Warga konservatif menilai aksi Kaepernick sebagai bentuk pelecehan terhadap bendera AS. Mereka melakukan unjuk rasa dengan membakar sepatu Nike. Beberapa konsumen menuntut pemboikotan produk sepatu dan pakaian Nike setelah peluncuran kampanye iklan itu.

Sejumlah investor memilih menjual saham. Iklan Nike tersebut juga dikritik oleh Presiden Donald Trump itu.

Iklan berdurasi sekitar dua menit itu menampilkan puluhan atlet berkulit hitam, termasuk ratu tenis Serena Williams, pebasket LeBron James, dan juara maraton Olimpiade Kenya Eliud Kipchoge. Namun, Woods yang telah disponsori Nike sejak 1996, malah tidak muncul dalam iklan.

Woods adalah pegolf paling sukses kedua yang pernah meraih 14 gelar utama. Selama ini, dia selalu berhati-hati terhadap tindakan dan ucapan agar tidak ditafsirkan sebagai politik.

“Saya pikir Nike berusaha melakukan sesuatu yang spesial. Dan, saya pikir mereka telah melakukan itu,'' kata Woods. ''Ini (Amerika) tempat yang indah. Beberapa orang yang kuat ada di sana.''

Iklan tersebut memiliki opini yang terpolarisasi dengan Trump dari mereka yang kritis terhadap Nike karena memberikan platform publik kepada Kaepernick. “Apa yang Nike pikirkan?” tulis Trump dalam akun twitter pribadinya.

Nike telah mensponsori Kaepernick sejak 2011 dan kampanye iklan tersebut menandai peringatan ke-30 dari slogan “Just Do It”. Kaepernick yang saat ini berusia 30 tahun, tidak ada dalam daftar nama tim NFL.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement