Kamis 13 Sep 2018 17:54 WIB

Tevez Jelaskan Perbedaan Besar antara Messi dan Ronaldo

Messi memiliki keunggulan teknis alami, sementara Ronaldo seorang pekerja keras.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Carlos Tevez
Foto: EPA/Roman Pilipey
Carlos Tevez

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Siapa pesepak bola terbaik dalam satu dekade terakhir? Jawabannya mengerucut pada dua nama.

Mereka adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Bukti sahihnya, baik Messi maupun Ronaldo telah mengoleksi lima trofi Ballon d'Or (pemain terbaik dunia) .

Nyaris semua aktor lapangan hijau memiliki pandangan serupa. Meski demikian, dua tokoh di atas mempunyai kharakteristik berbeda.

Pesepak bola senior yang kini berkostum Boca Juniors, Carlos Tevez, bisa menjelaskannya. Maklum, selama malang-melintang di dunia lapangan hijau, striker 34 tahun itu pernah setim dengan Messi dan Ronaldo.

photo
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

Tevez dan Messi sempat berbagi peran di lini depan tim nasional Argentina. Di level klub, Tevez adalah rekan Ronaldo di Manchester United pada 2007 hingga 2008.

Menurut Tevez, Messi memiliki keunggulan teknis secara alami. "Saya belum pernah melihat Messi di gim atau berlatih cara mengontrol bola," kata sosok yang juga sempat berkostum Juventus dan Manchester City mengutip dari Marca, Kamis (13/9).

Sementara Ronaldo, jelas Tevez, adalah seorang pekerja keras. Tevez menilai kemampuan mentereng pemain berjuluk CR7 itu hasil dari latihan keras. "Cristiano menghabiskan sepanjang hari di gim," ujarnya.

Tevez menceritakan, saat di Manchester United, Ronaldo selalu memulai latihan lebih awal dari semua pemain. Kebiasaan serupa dilakukan kapten Portugal itu di klub lain.

Setelah dari MU, Ronaldo meraih segalanya di Real Madrid. Kini pesepak bola 33 tahun itu berlabuh di Juventus. "Cristiano bersiap untuk menjadi yang terbaik, sementara Messi, segalanya datang secara alami. Itu perbedaan besar antara dua pemain terbaik tersebut," jelas Tevez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement