Selasa 18 Sep 2018 14:02 WIB

Pelatih Mesir Yakin Salah akan Menangkan Ballon d'Or

Selain jadi top skorer Liga Primer, Salah bawa Liverpool ke final Liga Champions.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Mohamed Salah
Foto: EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU
Mohamed Salah

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pelatih timnas Mesir Javier Aguirre yakin salah satu pemainnya Mohamed Salah akan terpilih sebagai peraih Ballon d'Or (pemain terbaik dunia) 2018. Alasan Aguirre memilih pemain Liverpool itu sebagai pemenang karena telah menyajikan penampilan luar biasa musim lalu dengan mengemas 32 gol di Liga Primer Inggris.

"Ada tiga nominasi Ballon d'Or. Cristiano Ronaldo, Luka Modric, dan Salah. Semuanya punya level yang sama. Saya yakin Salah bisa menang," kata Aguirre dikutip dari The Statesman, Selasa (18/9).

Baca Juga

Selain jadi top skorer Liga Primer, Salah juga membawa Liverpool ke final Liga Champions musim lalu. Kemudian bekas pemain Fiorentina dan AS Roma tersebut juga membawa Mesir ke Piala Dunia 2018.

Menurut Aguirre, tidak mudah bagi pemain seperti Salah bisa menembus papan atas pemain kelas dunia. Karena, ia bukan berasal dari negara favorit untuk dunia sepak bola.

Beda dengan Ronaldo, Messi, atau Neymar yang memang lahir dan bermain di negara level sepak bola yang kompetitif dan maju.

Pelatih 59 tahun yang pernah membesut Atletico Madrid dan timnas Meksiko itu mengatakan, Salah baru memulainya kejayaan musim lalu. Aguirre yakin beberapa tahun ke depan, Salah akan semakin meningkat. Apalagi para pesaingnya seperti Ronaldo, Messi, dan Luka Modric semakin menua. Usia Salah sekarang baru 26 tahun. "Level Salah akan terus naik. Dia masih muda," ujar Aguirre.

Penghargaan FIFA Ballon d'Or akan dilaksanakan pada Senin (24/9) nanti di London, Inggris. Tiga besar nominasi yang sudah ditetapkan FIFA adalah Salah (Mesir/Liverpool), Luka Modric (Kroasia/Real Madrid), dan Cristiano Ronaldo (Portugal /Juventus). Pemenang akan ditentukan berdasarkan hasil voting dari pelatih dan kapten tim nasional dari 211 negara yang tergabung ke dalam FIFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement