Kamis 20 Sep 2018 17:17 WIB

Totti Risau Lihat Pemain Sibuk Main Ponsel Sehabis Latihan

Momen seusai latihan sangat baik untuk membaur dengan rekan-rekan satu tim.

Rep: Febrian Fachri / Red: Israr Itah
Francesco Totti berfoto wefie dengan anaknya.
Foto: EPA/RICCARDO ANTIMIANI
Francesco Totti berfoto wefie dengan anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Direktur AS Roma Francesco Totti menyayangkan pola hidup pemain sepak bola zaman sekarang yang lebih banyak menghabiskan waktu setelah latihan dengan memainkan ponsel. Harusnya, menurut Totti, momen seusai latihan sangat baik untuk membaur dengan rekan-rekan satu tim agar tercipta kedekatan emosional satu sama lain.

Legenda I Lupi itu melihat hal itu terjadi dalam beberapa tahun terakhir sejak ia masih aktif menjadi pemain sepak bola profesional. Kegusaran ini tertuang di dalam buku autobiografi yang diterbitkan Totti beberapa waktu lalu.

"Semua pemain sekarang mengisolasi diri di kamar ganti dengan HP nya masing-masing. Sibuk membuka web dan berkirim pesan," kata Totti, dikutip dari Football Italia, Kamis (20/9).

Totti tidak heran kalau tim-tim zaman sekarang tidak punya suasana keakraban dan kekeluargaan seperti dulu. Alhasil antarpemain tidak ada hubungan yang terlalu dekat.

"Tidak ada yang benar-benar kompak di dalam satu tim," ujar Totti.

Totti berlabel pemain lintas generasi. Pangeran Roma merasakan sepak bola sejak era Roberto Baggio, Diego Maradona sampai era Gianluigi Donnarumma. Jadinya Totti bisa membandingkan perilaku dan kebiasaan pemain sepak bola sesuai dengan masanya.

Totti aktif bermain sejak 1992 sampai 2017. Selama berkarier, Totti hanya membela AS Roma.

Terkait ponsel, Totti sebenarnya pernah menjadi viral. Yakni ketika ia berfoto dengan latar suporter AS Roma yang berteriak mennyanjungnya seusai laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement