Kamis 20 Sep 2018 22:39 WIB

Timnas U-16 Antisipasi Turun Hujan Saat Lawan Iran

David Maulana dkk dianggap masih kesulitan ketika bermain di lapangan basah.

Para pemain timnas Indonesia U-16.
Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Para pemain timnas Indonesia U-16.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALALUMPUR -- Tim nasional Indonesia U-16 mengantisipasi turunnya hujan saat bertanding melawan Iran di Grup C Piala AFC U-16 2018 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/9). Menurut pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini, skuatnya menyiapkan strategi khusus. Sebab David Maulana dkk dianggap masih kesulitan ketika bermain di lapangan basah.

"Ketika menghadapi Oman pada laga uji coba di Malaysia, kami bermain di lapangan basah karena sebelumnya disiram. Saat itu pemain kesulitan mengimbangi lawan," ujar Fakhri di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, menyinggung laga persahabatan kontra Oman, Rabu (12/9), yang berakhir dengan skor imbang 3-3.

Baca Juga

Pelatih asal Aceh itu melanjutkan, demi menanggulangi dampak basahnya lapangan, ia sempat menginstruksikan anak-anak asuhnya menggunakan sepatu dengan enam pul. Sepatu jenis ini biasa digunakan untuk lapangan becek. Namun ternyata hal itu tidak efektif karena 15-20 menit setelah mengenakannya, pemain memilih mengganti sepatu karena tidak terbiasa.

"Saya dapat memaklumi itu karena mereka jarang memakai enam pul di Indonesia yang lapangannya biasanya keras. Akan tetapi kami sudah mengantisipasi hal tersebut," kata Fakhri.

Adapun cara yang diambil Fakhri adalah dengan memanfaatkan kemampuan individu pemain dan kerja sama tim. Meski tak mengutarakan secara rinci, Fakhri menyebut para pemain sudah mendapatkan instruksi langsung baik secara personal maupun sebagai sebuah unit.

"Kami sudah memberitahukan para pemain apa yang harus dilakukan jika hujan turun," tutur dia.

Beberapa hari belakangan, hujan memang kerap turun di Kuala Lumpur, Malaysia, khususnya saat sore hari. Padahal, laga Garuda Asia, julukan timnas U-16, menghadapi Iran digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, mulai pukul 15.30 WIB.

Seperti pada, Kamis (20/9), hujan deras melanda sejak sekitar pukul 16.30 waktu setempat yang membuat durasi latihan timnas U-16 yang dimulai pukul 17.00 di lapangan wisma Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) dipersingkat menjadi hanya kurang lebih 40 menit.

"Memang sengaja dipotong waktunya karena hujan. Namun menurut saya sudah cukup ini hanya untuk penyesuaian kondisi saja. Saya juga memikirkan risiko karena keselamatan pemain itu di atas segalanya," tutur Fakhri. 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement