Sabtu 22 Sep 2018 05:30 WIB

Dua Pelatih Ini Dukung Penggunaan VAR di Liga Champions

Pengunaan VAR akan membuat insiden kartu merah yang menimpa Ronaldo tak terulang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Reaksi pemain Juventus Cristiano Ronaldo usai diberi kartu merah dalam pertandingan Liga Champions antara Valencia melawan Juventus di stadium Mestalla, di Valencia, Spanyol, (20/9).
Foto: EPA
Reaksi pemain Juventus Cristiano Ronaldo usai diberi kartu merah dalam pertandingan Liga Champions antara Valencia melawan Juventus di stadium Mestalla, di Valencia, Spanyol, (20/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pasca-keputusan kontroversial wasit asal Jerman, Felix Brych, yang memberikan kartu merah kepada Cristiano Ronaldo di laga Juventus kontra Valencia di ajang Liga Champions, tengah pekan ini, berbagai pihak mulai menyuarakan penggunaan Video Asisstant Referee (VAR). Dukungan terhadap penggunaan VAR di ajang Liga Champions ini pun datang dari sejumlah pelatih.

Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone menilai, jika menggunakan VAR, maka insiden kartu merah yang menimpa Ronaldo tidak akan terulang. Menurutnya, dalam insiden itu, Ronaldo tidak layak diusir oleh wasit. ''Dia tidak melakukan apapun, tapi dikeluarkan dari pertandingan. Sebenarnya wasit memiliki bantuan dan kondisi-kondisi seperti itu bisa saja terjadi dalam pertandingan,'' kata Simeone seperti dikutip One Football, Jumat (21/9).

photo
Diego Simeone

Tidak hanya itu, pelatih asal Argentina itu mengungkapkan, dengan adanya VAR di sebuah pertandingan, maka diharapkan bisa meminimalisasi kesalahan wasit dan memenuhi aspek keadilan. Meski begitu, Simeone.mengakui, sistem VAR masih memerlukan sejumlah penyempurnaan.

''Saya pikir, VAR bisa membantu dalam hal keadilan di sebuah permainan, dibanding sistem lain. Tentu, VAR masih memiliki sejumlah kesalahan, karena itu, saya berharap, mereka bisa memperbaiki kesalahan tersebut,'' jelas Simeone.

Dukungan terhadap penggunaan VAR di arena Liga Champions juga diungkapkan pelatih Real Madrid Julen Lopetegui. Menurutnya, ada kesalahan dalam keputusan wasit mengusir Ronaldo di laga tersebut.

photo
Julen Lopetegui

Kesalahan-kesalahan seperti ini, kata Lopetegui, sebenarnya bisa dihindari dengan adanya VAR. ''Saya tidak melihat insiden itu dengan jelas, tapi semua orang menyebut, itu (insiden Ronaldo) harusnya bukan kartu merah. Kesalahan seperti ini bisa saja terjadi, tapi VAR bisa membantu,'' kata Lopetegui seperti dikutip Football Italia.

Sebelumnya, Ronaldo diusir wasit Felix Brych di laga debutnya bersama Juventus di kancah Liga Champions. Eks pemain Real Madrid itu dinilai melakukan pelanggaran terhadap pemain bertahan Valencia, Jeison Murrilo. Keputusan ini pun memantik kontroversi. Pasalnyaa, berdasarkan tayangan ulang video, Ronaldo hanya terlihat menyentuh rambut Murrilo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement