Kamis 27 Sep 2018 06:28 WIB

Veron: Sarri Mengubah Gaya Permainan Sepak Bola Italia

Saat melatih Lazio, Sarri memberi sentuhan permainan berbeda

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Hazliansyah
Juan Sebastian Veron
Foto: EPA/LEO LA VALLE
Juan Sebastian Veron

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain SS Lazio, Juan Sebastian Veron meyakini pelatih Chelsea Maurizio Sarri telah mengubah gaya permainan di Italia.

Maurizio Sarri menangani kesebelasan selatan Italia, Napoli tiga musim berturut-turut. Meski gagal mempersembahkan gelar Scudetto pada il Partenopei, namun gaya permainan Sarri mendapat apresiasi dari Veron.

"Saya melihat gaya permainannya di Napoli, dan saya katakan dia mengubah gaya permainan di Italia, " tegas Veron kepada Radio Crc disadur Football Italia, Rabu (26/9).

Pelatih yang dahulu menjadi seorang bankir mulai terkenal di dunia sepak bola setelah mengenalkan filosofi permainan berjuluk 'Sarrismo'. Atau biasa juga sering disebut 'Sarriball'.

photo
Maurizio Sarri.

Filosofi Sarrismo tersebut merupakan gelombang serangan tanpa henti, sehingga para pemain lawan seperti tergulung ombak. Kemudian pola permainan ini juga bertumpu pada serangan yang diawali dari zona pertahanan, dengan umpan-umpan pendek yang tajam.

"Sepak bola Italia selalu dikaitkan dengan tradisi, dan perubahan datang perlahan. Saya pikir Sarri memberi mereka kejutan, bahkan di Argentina kami berbicara tentang bagaimana Napoli dan Chelsea bermain," sambung pria berdarah Argentina.

Sarri kini telah menjadi arsitek klub Liga Primer Inggris, Chelsea. Bersama the Blues Sarri mencoba memberikan filosofinya kepada Eden Hazard cs. Tentu butuh waktu agar pemain dapat menyerap apa yang diinginkan oleh pelatih asal Italia itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement