Jumat 28 Sep 2018 06:11 WIB

Fakhri Nilai Timnas U-16 Main Bagus dengan Formasi 4-2-3-1

Selama ini, timnas U-16 kerap menggunakan formasi 4-3-3.

Gelandang timnas U-16 Andre Oktaviansyah mengejar pemain India.
Foto: Dok AFC
Gelandang timnas U-16 Andre Oktaviansyah mengejar pemain India.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALALUMPUR -- Pelatih tim nasional Indonesia U-16 Fakhri Husaini menilai para pemainnya tampil baik dengan formasi 4-2-3-1. Selama ini, timnas U-16 kerap menggunakan formasi 4-3-3.

Pergantian formasi itu dilakukan pada babak kedua laga timnas U-16 Indonesia melawan India pada pertandingan terakhir Grup C Piala AFC U-16, Kamis (27/9) malam. Formasi berubah saay Rendy Juliansyah masuk ke lapangan menggantikan Amiruddin Bagus Kahfi.

Baca Juga

"Strategi itu berjalan cukup bagus. Kami bisa menciptakan tiga sampai empat peluang setelah Rendy masuk," ujar Fakhri usai bermain imbang 0-0 dengan India di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/9).

Timnas U-16 biasa bermain dengan tiga pemain depan. Mochammad Supriadi (kiri), Amiruddin Bagus Kahfi (tengah) dan Amanar Abdillah (kanan) menjadi trisula. Belakangan Sutan Zico mengisi penyerang tengah, yang membuat Bagus digeser ke kanan dan Amanar menjadi cadangan. 

Kemudian tiga gelandang tengah yaitu David Maulana, Brylian Negietha dan Andre Oktaviansyah. Lalu di belakang ada Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, Mochammad Yudha (bek kiri) dan Amiruddin Bagas (bek kanan).

Namun, formasi itu mengalami perubahan menjadi 4-2-3-1 saat melawan India tepat di babak kedua setelah Rendy Juliansyah bermain. Rendy kemudian diplot sebagai gelandang serang di belakang penyerang tengah Sutan Zico. Lalu, gelandang kiri diisi Muhammad Yudha dan kanan Andre Oktaviansyah.

David Maulana dan Brylian Negietha menjadi gelandang yang berada di depan bek tengah yaitu Komang serta Fadilah. Lalu bek kiri ada Muhammad Salman dan kanan Amiruddin Bagas.

Timnas U-16 berhasil lolos ke perempat final Asia usai bermain imbang 0-0 dengan India. Indonesia dipastikan menjadi juara Grup C dengan mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan. Sementara India juga lolos ke delapan besar sebagai peringkat kedua Grup C setelah sama-sama mengoleksi lima poin dari tiga laga, tetapi kalah selisih gol dari Indonesia.

Di perempat final, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D pada Senin (1/10) di Stadion Nasional Bukit Jalil.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement